Wisata : Jembatan Akar Berdiri Tahun 1916, Ayok Berwisata ke Jembatan Akar, Negeri Sejuta Pesona

0
544
Poto : Wisata Jembatan Akar Di Kecamatan Bayang Pessel-Sumbar. (Wempy)

Pessel, Sergap Sumbar

Kabupaten Pesisir Selatan adalah Kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5,794.95 km² dan populasi lebih kurang 450.000 orang pada tahun 2014 dengan ibukota nya Painan.

Pesisir Selatan terletak di pesisir Sumatera Barat dan berbatasan di sebelah utara dengan kota Padang, di timur oleh Kabupaten Solok, Solok Selatan dan dengan Kabupaten Kerinci (provinsi Jambi) dan di selatan oleh Kabupaten Muko-Muko (provinsi Bengkulu).

Pesisir Selatan dikenal untuk musik tradisional Rabab yang termasuk alat musik gesek dan disertai dengan satu atau lebih musisi untuk bernyanyi. Berikut ini Pesisir Selatan dengan sejuta pesona.

Pantai Carocok Painan via Explore-Sumbar Bukit Bendera Lubuk Pasing Nagari Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Objek wisata jembatan akar, yang terletak di kampung Pulut-Pulut Kecamatan IV Nagari Bayang Utara. Objek wisata ini berjarak 24 KM dari Painan dan 65 KM dari Padang.

Jembatan Akar ini merupakan objek wisata yang sangat unik karena jembatan ini terbentuk dari penyatuan jalinan akar-akar pohon beringin, sehingga membentuk suatu jembatan, dan yang menarik lagi di bawahnya terdapat sungai/batang Bayang, yang dapat digunakan untuk aktivitas arung jeram.

Jembatan ini pertama kali dibuat oleh seorang tokoh masyarakat bernama Pakiah Sokan pada tahun 1916 dengan tujuan untuk menghubungkan dua desa yang terpisah oleh sungai. Kondisi jembatan ini semakin lama semakin kuat karena semakin besarnya akar pohon beringin yang membentuknya. Panjang jembatan ini 25 M dengan lebar 1,5 M, setiap hari libur tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. ( WH )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here