Tanggulangi Bencana Alam LMDH Alamendah Bersama PS FK3I dan Instansi Pemerintah Serta Peran Masyarakat Peduli Lingkungan Untuk Tanam Ribuan Pohon

0
16

Polresta – Sergapreborn

Polsek Ciwidey – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Seluruh Elemen Pemerintahan dan jajaran, guna pencegahan terhadap bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Salah satunya melaksanakan penghijauan dengan penanaman pohon yang melibatkan seluruh instansi pemerintah baik dari perhutani sendiri maupun tingkat Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan yang di galakkan oleh LMDH Alamendah dalam rangka peringati Hari Pohon Sedunia.

Dalam aksi penanaman pohon tersebut, sedikitnya Ribuan bibit pohon yang merupakan jenis tanaman keras ditanam di beberapa titik yang sudah ditentukan. Camat Rancabali Sdr. Dadang Hermawan, S. AP., M.Si menuturkan, pasalnya musim penghujan sudah mulai tiba. Adapun jumlah Pohon yang ditanam sebanyak 4500 Pohon.

Kegiatan yang dilaksanakan berada di Alamendah Arboretum Park Cigadok Desa Alamendah Kec. Rancabali Kab. Bandung, yang dihadiri oleh Camat Rancabali Sdr Dadang Hermawan, S. AP., M.Si, ADM Perhutani Bandung Selatan Sdr. Tedi S, Kades Alamendah Sdr Awan Rukmawan, Penggiat Lingkungan Sdr Eyang Emet, Ketua LMDH Alamendah Sdr Wawan Hermawan, dan Tokoh Masyarakat Sdr H. Mamat (MT).

Dalam hal ini, pihaknya bersama instansi lainnya telah mengambil kebijakan strategis sebagai langkah pencegahan serta mitigasi bencana. ” Aksi penghijauan yang kita lakukan sekarang ini sebagai upaya pencegahan bencana alam, juga kelak bisa bermanfaatkan bagi generasi penerus,” ungkap Camat Rancabali saat dikonfirmasi oleh Kasi Humas Polsek Ciwidey Bripka Ganda.

Disampaikan Camat Rancabali, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari program yang digagas, yakni Program Peduli Penghijauan, Penanaman Pohon Lintas Generasi. Menurutnya, aksi penghijauan tersebut selain dilakukan sebagai upaya preventif mencegah bencana alam, juga merupakan upaya edukasi kepada masyarakat untuk lebih mencintai dan melestarikan alam.

“Manfaatnya untuk anak cucu kita nanti. Jika bukan kita yang mengawali, siapa lagi?,” imbuh Dadang.

Dadang menambahkan,  “Giat ini guna mendukung program penghijauan, dengan adanya penanaman pohon banyak berjuta manfaat bukan untuk Kita, tetapi untuk anak cucu Kita dikemudian hari. Pohon yang ditanam merupakan pohon keras yang dapat dimanfaatkan, seperti pohon yang menghasilkan buah dan dapat memberikan perlindungan serta bermanfaat,” ujar Dadang Hermawan.

Di tempat yang sama ADM KPH Bandung Selatan Sdr Tedi S, menambahkan. “Penanaman pohon ini dimaksudkan sebagai warisan untuk generasi manusia di masa depan yang akan mendapatkan manfaatnya selain juga dapat di manfaatkan oleh masyarakat umum, Peduli Penghijauan ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan yang memang saat ini butuh penanganan dari semua pihak untuk menjaga kelestariannya.” Tegas Tedi Selaku ADM KPH Bandung Selatan.

Bhabinkamtibmas Polsek Ciwidey Desa Alamendah Bripka Dodi Husaen yang mewakili Kapolsek Ciwidey AKP Hadi Mulyana, S.H., M.H berikan tanggapan bahwa dengan adanya program ini, dirinya optimis bahwa jajaran stake horder dan instansi pemerintah yang lainnya akan tergugah hatinya mau ikut serta dalam menjaga dan melestarikan kawasan hutan,

“Terima kasih terhadap seluruh elemen yang tergabung telah peduli dalam program menanam pohon di lingkup Hutan. Semoga ini merupakan langkah awal bagi semua pihak di semua level generasi untuk mau bersama-sama menjaga hutan,” harap Bripka Dodi Husaen.

Polresta Bandung Mantap

Syahrul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here