Siap-siap ! Penertiban Kawasan GOR Sudiang dari -Lapak-Lapak Pedagang!

0
98

MAKASSAR (sergapreborn.id)-

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Propinsi Sulsel (Satpol PP Sulsel) Mujiono, saat memimpin rapat mengungkapkan pihaknya akan segera kembali menertibkan dan mengosongkan lapak pedagang di kawasan Geduang Olahraga (GOR) Sudiang sesuai dengan master plan GOR. Langkah itu dilakukan sebagai bagian dari review program penataan aset Pemprov Sulsel.

Pantauan koran sergap dalam rapat tersebut adalah pihak Pemprop Sulsel dalam hal ini Dispora Sulsel yang dibantu pihak terkait yakni Satpol PP Prop. Sulsel yang tengah mencanangkan untuk melakukan pembenahan di kawasan GOR yang terletak yang terletak di Jalan Pajjaiyang, Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Dispora bakal bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengosongkan lapak pedagang termasuk melibatkan beberapa stake holder diantaranya pihak kecamatan, kelurahan sudiang raya, polsek, koramil, banteng komando yang merupakan mitra koramil serta tokoh masyarakat setempat serta LSM.

“Sebenarnya kami sudah diperintahkan untuk mengosongkan GOR dari para pedagang namun kami masih perlu duduk bersama dengan rapat seperti ini dengan semua yang hadir lengkap mulai dari pihak Dispora, satpol kota dan Propinsi, pihak kecamatan Biringkanaya dan kelurahan sudiang raya, serta tokoh masyarakat dan LSM.
Namun, Mujiono tetap memastikan bahwa rencana penertiban ini segera dilakukan. “Makanya inilah rapat yang hadir disini untuk menyamakan persepsi untuk menemukan solusi kesepakatan bersama. Nanti inikan kita minta Satpol untuk menangani dan pihaknya akan memberikan waktu selama 10 hari ke depan mulai tgl 9/10/2019 sampai tgl 19/10/2019 dan jika waktu yang diberikan tidak diindahkan maka kami pihak Satpol PP akan mengambil tindakan tegas yakni melakukan pembongkaran,” tuturnya.

Sementara itu Menurut Sekertaris Dispora Sulsel, Suraedah, mengaku sudah beberapa kali melakukan tindakan persuasif kepada para pedagang untuk mengosongkan lapak. Hanya saja, imbauan dan persuratan tidak diindahkan. “Sosialisasi sudah dilakukan. Sudah beberapa kali dikasi tahu. Tapi nanti kita lihatlah. Namun kita tetap mencarikan solusi terbaik agar mereka mau tinggalkan usahanya yang merupakan kehidupannya,” tambah dia.

Suraedah berdalih pihaknya diwaktu yang lalu-lalu tidak bisa serta merta melakukan penertiban. Pihaknya akan kembali melakukan pemberitahuan awal ke pedagang lebih dulu sebelum turun langsung ke lapangan. “Kita kan ada tahapan, kita surati, pasang papan bicara, apakah dia mau untuk itu. Tapi kita lagi koordinasikan dengan satpol karena kan tugasnya penertiban,” tandasnya.

Dia berharap, penertiban ini ke depan bisa berjalan lancar dan tertib, agar pembenahan bisa segera dilakukan. Pasalnya Dispora Sulsel sudah mengusulkan review masterplan penataan kawasan GOR Sudiang. Dimana usulannya itu juga menunggu persetujuan gubernur.

Suraedah kembali menjelaskan untuk review masterplan sudah diusulkan anggaran. Selain itu juga penyusunan detail engineering design (DED), termasuk untuk dokumen analisis mengenai dampak lingkungan. Usulan review masterplan ini, lanjut dia, terkait dengam renovasi dan pemeliharaan kawasan GOR, termasuk semua venue yang selama ini terbengkalai.

“Itulah kita mau benahi dengan melakukan penertiban. Tidak mungkin juga kita mau biarkan itu. Makanya yang tidak bagus, bisa kita perbaiki atau bangun baru,” tandasnya.

Sementara itu Kepala UPTD Pengelolaan Sarana dan Prasana keolahragaan dan kepemudaan Dispora Sulsel, Eka Widi Adhy, tidak berkomentar banyak soal ini. Hanya saja dia tak menampik adanya rencana pembenahan GOR Sudiang tanpa mengubah fungsinya sebagai kawasan olahraga.

Dia menuturkan harapan Dispora Sulsel memang ingin kawasan GOR Sudiang bersih dari lapak para pedagang. Namun rencana ini sulit diwujudkan. Bahkan, kunci gembok sudah berapa kali diganti baru dan papan bicara yang sudah dipasang di sana, dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. “Ini harapan Dispora Sulsel agar semua pihak bisa saling memahami untuk segera dilalukan penertiban dengan jangka waktu yang sudah ditentukan dan disepakati bersama” jelas Eka.

Rapat ini dihadiri oleh Sekertaris Dispora Propinsi Suraeda, Kepala Seksi Ketertiban Umum Andi Samsuddin, Kasi Trantip Kecamatan Biringkanaya, Syaripuddin MM, Babinkamtibmas Aiptu Irman, Perwakilan Kapolsek Biringkanaya Ipda Laode Obi, pertwakilan Danramil 1408 – 11/BKY Babinsa Serda Usman, Kepala UPTD GOR Sudiang Eka Widi Adhy, Lurah Sudiang Raya Andi Wahyu, Ketua RW Pajjaiyang Nurdin, Tokoh Masyarakat Dg. Ruppa, perwakilan Pedagang GOR Sudiang dan Perwakilan Komunitas Olah Raga Gor Sudiang, LSM H. Ambo Nai dan Ketua Banteng Komando Trisula H. Hamsah dan beberapa personilnya.

(Imansyah Rukka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here