SEBUAH KARYA ANAK BANGSA MEMBUAT PESAWAT JENIS STOL(SHORT TACK OFF AND LANDING)

0
85

CIAMIS, – Sergapreborn

Berbekal dari pengalamannya bekerja di perusahaan pesawat Zenith di Amerika Serikat selama dua tahun, Suyanto warga Dusun Nambo RT 24 RW 05 Desa Cintajaya Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis membuat pesawat terbang. Pesawat yang dirancang di depan rumahnya ini merupakan pesawat yang ketiga. “Ini yang ketiga saya buat pesawat,” akunya saat ditemui dirumahnya Senin (6/4/2020)

Suryanto menarget pesawat yang dibuatanya ini pada bulan Agustus bisa selesai dan langsung dicoba. Sebelumnya di Tahun 2019 lalu, Suyanto mengaku sudah membuat dua unit pesawat di Balikpapan Kalimantan Timur dan dijual ke Cheko. Saat pembuatan pesawat di Balikpapan menurutnya hanya membutuhkan waktu dua bulan untuk satu pesawat karena bahan yang dibutuhkan mudah didapat. Untuk pembuatan satu pesawat dia menuturkan membutuhkan biaya sebesar Rp 300 juta “Yang dua pesawat dibuatnya di Balikpapan dan dijual ke Cheko,” ungkapnya

Pesawat terbang yang dibuat pria kelahiran Lamongan Jawa Timur 24 April 1979 ini jenis Short Tack Off And Landing (STOL). Pesawat yang dibuatnya ini berukuran panjang 7 meter dan lebar 9 meter kapasitas penumpang dua orang. Kecepatan pesawat STOL yang dibuatnya ini maksimal 180 Km/jam. Mesin yang digunakan untuk pesawat mesin mobil Jazz RS 2015 Eks Singapur. Untuk bahan bakar menggunakan Pertamax dengan kapasitas tangki 90 Liter. “Ini untuk dua penumpang,” kata pria yang akrab disapa Heri Santoso ini.

Sebelum membuat pesawat di Indonesia Suryano mengaku usaha jual beli motor di Balikpapan. Akan tetapi karena sepi konsumen dia memilki inisiatif untuk membuat pesawat. Untuk membuat pesawat dirinya itu dibantu satu temannya dan itu juga hanya mengerjakan yang ringan – ringan saja. “Tadinya saya jual beli motor di Balikpapan. Karena sepi saya insiatif membuat pesawat dengan bekal pengalaman waktu di Amerika bekerja,” katanya

Menurutnya, pesawat yang saat ini dibuat sudah dilirik Kodim 0613 Ciamis. Bahkan kata dia, Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio pernah datang dan melihat langsung proses pembuatannya. “Pak Dandim Ciamis juga pernah kesini melihat langsung proses pembuatan,” pungkasnya.

(Edi S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here