Puty Guntur Suekarno Gelar Sosialisasi UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional di Kabupaten Pangandaran

0
519

Puty Guntur Suekarno Gelar Sosialisasi UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional di Kabupaten Pangandaran

Pangandaran koran sergap –Dalam rangka kunjungan kerjanya di Kabupaten Pangandaran, Puti Guntur Sukarno Putri, S.IP Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan melakukan kegiatan bertajuk “Sosialisasi UU No.20 Tahun.2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional” bertempat disebuah Hotel di Pangandaran, Kamis (2/3/17).

Menurut Puti, perlunya dilakukan amandemen terhadap UU No 20 tahun 2003 khususnya untuk mempertegas terkait kurikulum nasional, mata pelajaran pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, dan masa wajib belajar yang dijamin oleh negara, katanya.

Dikatakanya pula, dalam perspektif teoritik pendidikan seringkali diartikan dan dimaknai orang secara beragam,  bergantung pada sudut pandang masing-masing dan teori yang dipegangnya. Terjadinya perbedaan penafsiran pendidikan dalam konteks akademik merupakan sesuatu yang lumrah, bahkan dapat semakin memperkaya khazanah berfikir manusia dan bermanfaat untuk pengembangan teori itu sendiri, paparnya.

“Tetapi untuk kepentingan kebijakan nasional, pendidikan dapat dirumuskan secara jelas dan mudah  dipahami oleh semua pihak yang terkait dengan pendidikan, sehingga setiap orang dapat mengimplementasikan secara tepat dan benar dalam setiap praktik pendidikan, untuk mengetahui definisi pendidikan dalam perspektif kebijakan, kita telah memiliki rumusan formal dan operasional, sebagaimana termaktub dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS”, ungkapnya.

Masih kata Puti, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara, oleh karena itu, perlu untuk kembali ke struktur organisasi Dinas Pendidikan yang membidangi urusan guru langsung di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” jelasnya.

“Kita melihat bahwa dalam definisi pendidikan yang  tertuang  dalam UU No. 20 Tahun 2003, tampaknya  tidak hanya sekedar menggambarkan apa pendidikan itu,  tetapi memiliki makna dan implikasi yang luas tentang  siapa sesunguhnya pendidik itu, siapa  peserta didik (siswa) itu, bagaimana seharusnya mendidik, dan apa yang ingin dicapai oleh pendidikan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Pangandaran Drs.H.Surman, Sekretaris Disdikpora Dr.H.M.Agus Nurdin, Kasi Kurikulum SD Wawan Waryono.MPd, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pangandaran Riky Zulfikri, Para Kepala SD, SMP, SMA/K  se Kab. Pangandaran, para Komite Sekolah, Kepala UPTD Dikpora serta undangan lainya.
(Budi sergap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here