Puluhan Warga Nelayan Ciparagejaya Berdemo

0
195

KARAWANG,- Sergapreborn

.Kegeraman para nelayan yang merupakan anggota Koperasi Pengolahan Perikanan Laut (KPPL) Samudra Mulya terhadap Ketua dan Manajer KPPL semakin menjadi.

Puncaknya, puluhan nelayan melakukan aksi unjuk rasa menuntut agar Ketua KPPL Budianto (Anggota DPRD Karawang) dan Manajer KPPL Kabun (Kades Ciparagejaya) yang diduga melakukan penggelapan dana paceklik dan korupsi dana retribusi dihukum secara setimpal, Kamis (15/8/2019).

Pantauan di lapangan, puluhan nelayan tersebut mengeluarkan unek-uneknya atas kepemimpinan Budianto dan Kabun yang selama ini dinilai tidak transparan terhadap anggota terutama dalam masalah pendapatan dan pengeluaran KPPL.

Disela-sela aksi, perwakilan nelayan, Kartono, menegaskan bahwa pelaporan terhadap Budianto dan Kabun bukan karena masalah pribadi.

“Kalau selama ini kami sebagai anggota secara pribadi tidak ada masalah dengan Budianto dan Kabun. Kami tegaskan bahwa fokus kami adalah menyikapi ketidaktransparanan keduanya dalam mengelola KPPL,” serunya.

Menurut Kartono, dalam setiap Rapat Anggota Tahunan hanya piutang dan harta kekayaan koperasi saja yang dibahas, tapi pendapatan dan pengeluaran KPPL tidak pernah dibahas.

Kartono dan puluhan nelayan memendam kegeraman hingga tiga tahun lamanya dan puncaknya adalah di pertengahan tahun ini dengan melakukan tindakan pelaporan ke Polda Jabar dan Kejati Jabar.

“Saat ini kami terus berkomunikasi dengan Polda Jabar terkait proses hukum yang sedang berjalan. Pihak kepolisian juga masih meminta tambahan bukti-bukti kasus ini,” ujarnya.

Kartono berharap, penyidik Polda Jabar dapat bekerja profesional dan tidak “masuk angin” agar permasalahan yang sangat merugikan nelayan ini bisa terungkap.

“Kami minta penyidik profesional dan tidak terpengaruh oleh apapun. Karena kami meyakini bukti yang kami kirimkan sudah lebih dari cukup,” tandasnya.

(Ahmad z)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here