Peringatan Hari Disabilitas Internasional Kota Tasikmalaya Tahun 2018

0
395

Kota Tasikmalaya, – (Sergapreborn. id)

Dalam rangka meningkatkan kesetiakawanan dan kepedulian kepada Saudara-saudara Penyandang Disabilitas, Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat melaksanakan Hari Disabilitas Internasional di Gor Sukapura Dadaha Kelurahan Nagarawangi Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 500 orang peserta, yang merupakan saudara-saudara penyandang disabilitas, siswa/i dari berbagai kalangan madyarakat.

Sejak tahun 1992 setiap tanggal 3 Desember diselenggarakan peringatan Hari Disabilitas Internasional atau the United Nations International Day of Persons with Disabilites/ UN IDPD) yang didasarkan pada Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa 47/3 pada tahun 1992.

Peringatan ini bertujuan untuk mempromosikan hak dan kesejahteraan Penyandang Disabilitas di semua bidang kehidupan masyarakat dan pembangunan, serta untuk meningkatkan kesadaran akan situasi penyandang disabilitas di setiap aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi dan budaya.

Adapun tema Hari Disabilitas Internasional kali ini mengusung tema “Indonesia Inklusif Dan Ramah Distablitas, Tangguh dan Berkelanjutan”.

Melalui tema ini terkandung makna upaya Pelibatan Penyandang Disabilitas dalam pelaksanaan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam keseluruhan proses pembangunan.

Pelibatan adalah unsur utama dalam Pembangunan Inklusif, karena penyandang disabilitas adalah orang yang paling paham dengan kondisi kedisabilitasannya, paham dengan kebutuhan dan permasalahannya, juga paham apa saja yang perlu dilakukan untuk menghilangkan hambatan lingkungan yang menghalangi kemandirian dan partisipasi Penyandang Disabilitas dalam proses pembangunan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya H.Nana Rosadi yang berkenan untuk menyaksikan penampilan siswa/i penyandang disabilitas berupa keterampilannya dan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh peserta.

“Kita ingin mewujudkan masyarakat inklusif, tangguh dan berkelanjutan. Kita akan memberikan ruang kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas. Saya berharap agar seluruh perkantoran, dunia usaha, dan pelayanan publik, memiliki sarana prasarana yang ramah pada aksesibilitas. Mari kita saling bahu membahu bergandeng tangan mewujudkan semua itu. Ucap Nana.

Ir. Waryono ketua RHB Rehabilitasi Sumber Daya Masyarakat kota Tasikmalaya sangat kecewa tidak di hadiri Walikota, wakil walikota, baik Setda maupun Asda dari pihak Pemerintah Kota Tasikmalaya, kurangnya perhatian dari pihak pemkot padahal acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional ini momen yang bagus dan saling peduli terhadap anak penyandang cacat.”Katanya.

(Hendrizal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here