Penyuluhan “Jaksa Sahabat Guru

0
151

Ciamis –  Sergapreborn

bertempat di wisma guru para kepala Sekolah, guru dan pengawas se-Kabupaten Ciamis mendapat penyuluhan tentang produk hukum yang menyangkut profesi guru dengan tajuk “Jaksa Sahabat Guru” dengan harapan tidak ada guru yang terjerat hukum karena kesalahan pengelolaan administrasi keuangan.
Hal itu diungkapkan dalam penyuluhan hukum yang digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis di Wisma Guru,Jalan Jendral Ahmad Yani Ciamis, Senin (14/10/2019).

Dalam konfrensi pers Kepala Kejari Ciamis melalui Kasi Intel, Femi Nasution mengatakan, kegiatan “Jaksa Sahabat Guru” ini sebagai upaya prenfentif, pihak kejaksaan memberikan penerangan dan penyuluhan hukum kepada para guru.

Tugas guru tidak hanya mendidik saja, namun kenyataannya guru ada tugas tambahan, yaitu pengelolaan administrasi keuangan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menjadi Bendahara dalam pembangunan, ketika mendapatkan bantuan baik rehab atau RKB dari Pusat, yang sangat sensitif apabila tidak mengetahui cara pengelolaannya dengan baik, dan itu akan menjadi temuan dikemudian hari, yang tentunya akan menjerat pada diri guru tersebut,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan Jaksa Sahabat Guru” ini sebagai bentuk pendampingan terhadap para guru dalam pengelolaan keuangan dibidang yuridis (hukum), agar para guru tidak salah dalam menjalankan tugas tambahan pengelolaan admintrasi BOS.
Kita berikan pendampingan yuridis, baik yang menyangkut profesi guru maupun dalam pengelolaan keuangan dana BOS,” terangnya.

Di tempat yang sama Endang yang juga Kepala SMAN 2 Ciamis itu, tugas guru itu mengajar, sementara mengelola uang bukan tugas guru yang sebenarnya. Ia mengakui, “Kami tidak dibekali ilmu akuntansi, kalau salah, kami bisa terjerat hukum. Dengan kegiatan tersebut diharapkan seluruh guru di Ciamis memahami aturan serta melaksanakan seusuai juknis da ketentuan yang ada, sehingga tidak menyalahi aturan dalam mengelola keuangannya dan tidak ada guru di Ciamis yang tersangkut kasus hukum, semoga kegiatan Jaksa Sahabat Guru” terus dilaksanakan.

(Lili Romli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here