PENGELOLAAN LIMBAH PERHOTELAN DI PANGANDARAN BELUM MAKSIMAL

0
586
Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) BPLH Pangandaran Erik
PANGANDARAN – Pengelolaan limbah hotel yang ada di Kabupaten Pangandaran jadi objek penelitian akademis oleh salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Roni Sitorus, 22, salah satu mahasiswa STP Bandung mengatakan, berdasarkan observasi dilapangan pengelolaan limbah hotel yang ada di Pangandaran belum maksimal.
“Hampir satu bulan kami ada di Pangandaran dan banyak warga yang mengeluh buruknya pengelolaan limbah perhotelan,” kata Roni.
Masih dikatakan Roni, fokus penelitian yang dia lakukan khusus untuk meneliti sisa limbah perhotelan jenis padat, namun hingga saat ini dirinya belum menemukan lokasi pengelolaan limbah tersebut.
“Kalau yang dikeluhkan oleh masyarakat ada dua lokasi yang diindikasi tidak ramah lingkungan di jalur pantai barat Pangandaran,” tambahnya.
Lokasi yang dikeluhkan diantaranya di dua anak sungai yang jalurnya dijadikan pembuangan limbah cair yang mencorong langsung ke pantai sehingga jika ada wisatawan yang berenang sering mengalami gatal.
“Hasil penelitian ini akan kami jadikan sebagai salah satu karya ilmiah akademis dalam bentuk skripsi dan akan menjadi sebuah kajian untuk evaluasi pemerintah,” pungkas Roni.
Sementara Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) BPLH Pangandaran Erik mengatakan, hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa kedepannya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penanganan limbah.
“Kami harap penelitian ini dilakukan secara objektif dan merangkum seluruh referensi dari berbagai sumber,” pungkasnya. (Asp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here