Pemkab Pessel, Lakukan Deklarasi Stop BABS

0
338

Pessel sergapreborn.id

Untuk memacu pola hidup sehat khususnya di Pesisir Selatan, Pemkab Pessel melakukan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) yang berlokasi di Kecamatan Air Pura, Rabu 27 Maret 2019.

Kegiatan Deklarasi tersebut ditandai dengan penandatangani deklarasi dari tiga nagari di Air Pura, seperti, Nagari Tluk kualo, Nagari Lalang Panjang, dan Nagari Inderapura Timur.

Hadir ketika itu Lisda Hendrajoni Ketua TP PKK Pessel, Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pessel, Camat Air Pura beserta masyarakat setempat.

Lisda Hendrajoni Ketua TP PKK Pesisir Selatan selaku menjadi pimpinan deklarasi acara tersebut mengatakan, diketahui bahwa persoalan BABS harus dengan serius diatasi, “Sebab, pengaruh BABS sangat berdampak buruk pada prilaku hidup sehat masyarakat.

“Dampaknya seperti diare dan penyakit lainnya. Untuk itu harus bisa kita atasi secara bersama, kami dari Tim Penggerak PKK siap untuk mendorong stop BABS ini,” terang Lisda Hendrajoni.

Sementara itu, Satria Wibawa Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan mengatakan, upaya dalam mengantisipasi BABS di Pesisir Selatan sudah berjalan baik. Bahkan di Kabupaten Pesisir Selatan merupakan satu dari kabupaten/kota di Sumbar yang sudah banyak nagari bebas dari BABS.

“Dari 182 nagari, 47 nagari saat ini sudah bebas dari BABS ini. kita targetkan ke depannya dengan deklarasi ini terus berlanjut,” ujarnya.

Ditambahkannya, salah satu indikator adanya warga yang buang air besar sembarangan adalah karena minim toilet atau jamban, di antaranya dipicu karena masalah ekonomi.

“Dari ini kami mendorong agar nagari harus berpacu membangun jamban ini. Jadi alasan ekonomi tidak lagi, jadi alasan BABS,” terangnya.

Selain kegiatan deklarasi stop buang air besar sembarangan (BABS), juga dilakukan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma Ke III/ BBGRM ke XXI Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2019 dan Gerak Masyarakat Sehat.

(Wempi Hardi. SH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here