Pemkab Pessel Dukung Putra Sampoerna Kembangkan Lighthouse Scool Program SMP 4 Sutera

0
26

Pessel sergapreborn.id

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkomitmen dalam memajukan kualitas pendidikan di daerah itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat bekerjasama dengan PSF-School Development Outreach (PSF-SDO), untuk mengembangkan Lighthouse School Program (LSP) di SMPN 4 Sutera.

Lighthouse School merupakan program pengembangan sekolah model yang berkualitas, yang diharapkan menjadi panutan bagi sekolah-sekolah lain di daerah itu.

Kasi Pendidik dan Tenaga Kepedindikan Pessel Roni Sukri mengatakan, program kemitraan dengan Putera Sampoerna sudah berlangsung satu tahun. Menurut dia, sesuai kesepakatan program tersebut bakal berlangsung selama Tiga tahun kedepan.

“Dimana fokus tahun pertama adalah untuk meningkatkan kapasitas pedagogis dasar setiap guru mata pelajaran dan pengembangan tim manajemen sekolah,” ujarnya Minggu 17 Nopember 2019.

Ia menambahkankan, beberapa inovasi dilakukan selama pendampingan program tersebut adalah Pesantren STEM, Pelatihan Vlog, Pembentukan Duta Bahasa Inggris (English Ambassador), dan memperkenalkan  kegiatan Three Way Conference (Konferensi Tiga Arah) sebagai kegiatan rutin sekolah.

“Pada tahun pertama, Guru juga dibekali dengan keterampilan penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar melalui pelatihan Digital Learning,” ucapnya.

Pada 13 November 2019, SMPN 4 Sutera menyelenggarakan kegiatan Kulminasi tahunan, yang merupakan pameran unjuk hasil dari apa telah dikembangkan selama satu tahun terakhir. Selanjutnya pada 14 November SMPN 4 Sutera kembali melakukan lokakarya mengimbaskan (Diseminasi) materi yang telah diperoleh manajemen sekolah dan majelis guru kepada 100 orang peserta.

“Selanjutnya SMPN 4 Sutera juga melakukan Seminar Orangtua yang merupakan upaya memberikan inspirasi pada orangtua dalam memotivasi anak agar memaksimalkan potensi diri dalam menempuh pendidikan dan prestasi yang tinggi,” tuturnya.

Dewitri, S.Pd, M.Pd Kepala SMPN 4 Sutera mengatakan, salah satu prestasi yang dicapai oleh siswa SMPN 4 Sutera dalam hal akademis adalah menjadi juara 2 dalam kompetisi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Kabupaten Pesisir Selatan dengan mempresentasikan pembangkit listrik tenaga angin menggunakan bahan daur ulang.

“Pada kulminasi tahun pertama, kami belajar untuk menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di ruang kelas. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengembangkan hasil dari proses belajar siswa dari 4 rumpun mata pelajaran (MIPA, Bahasa, IPS, dan lain-lain), dengan memberdayakan segenap warga sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan sekolah dengan perencanaan yang matang dan professional,” ujarnya.

Eko Herfianto selaku Training Management and Stakeholder Relationship Putera Sampoerna Foundation menuturkan, School Development Outreach sebagai mitra pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memberikan apresiasi kepada seluruh pihak atas komitmen dan kerjasama dalam memajukan Pendidikan di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

“Kami mendorong Pemkab Pessel dan sekolah untuk terus melakukan inovasi ini. Kedepan program ini dapat menginspirasi dan diterapkan di berbagai daerah di Indonesia sehingga dapat menjangkau segala lini,” tutupnya.

(Wempi Hardi. SH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here