Pemilu 2019 di Luar Negeri sudah dan sedang berlangsung – Tapi Perhitungan Suara Waktunya sama dengan di Dalam Negeri 17 April 2019.

0

Ciamis, SERGAPreborn.id.

Beberapa Hari ini marak di Dunia Medsos terkait Hasil Perolehan Suara Pemilu Presiden Hasil di Luar Negeri.

Hari Kamis, 11 April 2019 Lipsus SERGAPreborn.id. menghubungi Ketua KPUD Ciamis terkait hal tersebut. Berikut Keterangannya : 1. Memang di Luar Negeri sudah & sedang dilaksanakan Pemilu 2019. 2. Pembukaan & Perhitungan Surat Suara akan dibarengkan dengan Hasil Pemilu di Dalam Negeri ( 17 April 2019 ). KPU tidak bertanggungjawab / tidak mengeluarkan Hasil Suara Pemilu 2019 di Luar Negeri yang beredar di Medsos. ( Berikut Rilis KPU RI terkait hal tersebut ). Hati-hati terhadap Berita Hoax. Demikian Keterangan Singkat nya. Sedangkan Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis ketika diminta tanggapannya. Berikut Jawaban nya ; Pengawasan Pemilu di Luar Negeri, itu Merupakan Ranah Bawaslu Pusat.

“Petikan Kegiatan nya ”

1. Kegiatan pemungutan suara Pemilu 2019 di Luar Negeri dilaksanakan sebagaimana jadwal dalam SK KPU No 644/2019 yaitu early voting pada tanggal 8-14 April 2019.

2. Kegiatan pemungutan suara di LN dilaksanakan dg 3 metode: memilih di TPSLN yg berada di kantor perwakilan RI (KBRI/KJRI/KDEI); memilih dg Kotak Suara Keliling (KSK) yg bertempat di dekat pemukiman atau tempat kerja WNI; dan metode pos.

3. Kegiatan penghitungan suara pemilu di LN dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 sesuai waktu setempat.

Berdasarkan hal tsb dapat disampaikan bahwa:

1. Hasil penghitungan perolehan suara pemilu LN yg dilakukan PPLN dan KPPSLN baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.

2. Hasil perolehan suara pemilu LN (real count) baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.

3. Bila sekarang ini beredar kabar ttg perolehan suara pemilu LN, dapat dipastikan hasil tsb bukan hasil resmi (real count) yg dilakukan oleh PPLN dan KPPSLN.

4. Perlu ditegaskan bahwa pemungutan suara di LN yg telah dan sedang berjalan adalah sbb:

a. Senin 8 April 2019 di Sana’a.

b. Selasa 9 April 2019 di Panama City dan Quito.

c. Rabu 10 April 2019 di Bangkok dan Songkhla.

Selain jadwal tsb kegiatan pemungutan suara di LN belum dilaksanakan.

Dengan demikian terhadap kabar tentang perolehan suara pemilu di LN yg beredar luas di masyarakat adalah kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian penjelasan, dari KPU RI

Lipsus Media SERGAPreborn.id (Heri Hernawan, Ir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here