PELANTIKAN KADES KARANGKAMULYAN DENGAN SUGUHAN BUDAYA TRADISIONAL

0
427

Gambar prosesi arak arakan berkuda pelantikan Kades Karangkamulyan

PELANTIKAN KADES KARANGKAMULYAN DENGAN SUGUHAN BUDAYA TRADISIONAL

CIAMIS – KORAN SERGAP ,┬áPelantikan serta pengambilan sumpah jabatan Kades Karangkamulyan yang baru di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis dilakukan di Obyek Wisata Cagar Budaya Ciung Wanara Karangkamulyan, Selasa (11/4/2017), Oleh Bupati Ciamis H Iing Syam Arifin.

Di sini dan hari ini menampilkan sesuatu yang beda pasalnya pelantikan kades biasanya dilakukan di gedung seperti Pendopo atau gedung Sekretariat Daerah, tapi kali ini bertempat di obyek wisata Ciung Wanara Karangkamulyan.

Uniknya, Kades Karangkamulyan yang terpilih ini yakni Moh Abdul Haris yang akan dilantik tersebut, menuju lokasi diarak dari kediamannya dengan menunggangi kuda, Serta diiringi tepukan rebana oleh ibu-ibu dan masyarakatnya, dan Setelah sampai di lokasi obyek wisata ciung Wanara, Kades disambut pula dengan upacara adat khas sunda di sambut oleh Ki Lengser dan seni ibing

Selain itu Kades yang akan dilantik kemudian terlebih dahulu berziarah ke situs pangcalikan, guna ritul adat serta berdo’a memohon restu kepada sang pencipta Alloh SWT agar mampu memimpin dan mengemban amanah sebagai Kades Karangkamulyan.

Pelantikan Kades Karangkamulyan ini yakni hasil dari Pergantian Antar Waktu (PAW) dan memang merupakan yang pertama dalam sejarah pelantikan Kades di Kabupaten Ciamis yang Pelantikannya tidak dilaksanakan di gedung.

Kepala Desa Karangkamulyan Moh Abdul Haris mengatakan proses arak-arakan menggunakan kuda sebelum dilantik sebagai keinginan dari masyarakat dan ini menunjukan Kepala Desa adalah merupakan milik masyarakat.

Tak hanya itu Kades menuturkan sangat terharu sekali dengan prosesi ini, karena banyak yang mendukung di antaranya rombongan rebana, karang taruna, kawargian adat dan masyarakat ikut mengarak ke lokasi. Dan mungkin masyarakat ingin pelantikan kades berbeda dari biasanya,” ujarnya.

Haris pun berharap, kedepannya pelantikan ini menjadi gambaran bagi desa-desa lain di Kabupaten Ciamis agar menampilkan upacara adat sesuai dengan kesenian khas daerahnya masing-masing.

Karena menurutnya hal ini menunjukan kearifan lokal dan dapat menjadi daya tarik untuk menunjukan identitas desa di Kabupaten Ciamis yang kaya akan kesenian dan budaya.

“Jadi ada daya tarik khusus terutama bagi para wisatawan seperti di Desa Karangkamulyan ini,” serta Desa Karangkamulyan diharapkan menjadi Desa Wisata yang ada di Kabupaten Ciamis.

Dan dengan sudah terpilihnya Kades Karangkamulyan, masyarakat pula berharap agar Kadesnya kelak mempunyai inovasi baru serta amanah dalam menjalankan pekerjaannya, sehingga bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan mampu menciptakan dan menjaga suasana kondusif, aman tentram khususnya terhadap sesama aparatur Desanya dan umumnya seluruh warga masyarakat Desa Karangkamulyan.

(Yat Jr Sergap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here