Mengapa Harus Menggunakan Domain ID?

0
376
Contoh : Pemakian ID. www.sergapreborn.id

Bicara ID – Akhir Agustus 2015 lalu, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) punya mimpi besar, di 2017 nanti pengguna domain .id (dot id) di Indonesia bisa mencapai 1 juta domain. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kemkominfo bahkan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp50 miliar.

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) pun telah menyatakan siap mewujudkan mimpi pemerintah itu.

Salah satu alasan Kemkominfo mendorong pelaku internet di Indonesia untuk menggunakan domain .id adalah penghematan bandwidth internasional.

Dilansir Merdeka, Selasa (25/8/15), Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah mengatakan, bantuan yang akan diberikan pemerintah termasuk pengadaan biaya hosting dan pendampingan dengan catatan, data center ada di Indonesia agar trafik internet tetap ada di negara ini.

PANDI sendiri menargetkan 2016 mendatang, domain .id yang terdaftar sudah bisa mencapai 500.000. Baik itu domain .id berekstension .co.id dan lain-lainnya maupun tunggal id. Sayangnya, data PANDI sendiri menunjukkan perlambatan. Hingga September 2015, domain id yang terdaftar baru 148.376, hanya naik 1.130 dari Agustus 2015.

Lihat grafisnya;

pandi

Dari semua nama domain .id yang tersedia, domain .co.id yang terbanyak, mencapai 65.189 disusul .web.id sebanyak 23.435. Pertumbuhan domain tunggal .id cukup menjanjikan. Jumlahnya terbanyak ketiga dengan total di September 2015 sebesar 17.802.

Jika melihat datanya, mimpi 1 juta domain .id di 2017 mendatang akan sulit terjadi. Apabila mau mencapai target di 2016, maka domain baru yang didaftarkan harusnya 40.833 tiap bulannya. Walau terlihat mustahil, hal ini bisa saja terjadi jika semua pihak ikut ambil bagian.

Lalu, mengapa harus menggunakan domain .id?

Menengok negara tetangga, baik Singapura maupun Malaysia, dengan jumlah penduduk jauh lebih sedikit dari Indonesia, pengguna domain negaranya cukup besar. Di 2012 saja, pengguna domain .sg di Singapura telah mencapai 100 ribuan, dan pengguna domain .my di Malaysia teleh tembus angka 90 ribuan. Saat itu pengguna .id di Indonesia baru 87 ribu.

Domain .id adalah identitas kita sebagai bangsa Indonesia. Harusnya kita bangga dan memperkenalkannya kepada dunia.

Selain alasan idealisme, domain .id juga ramah terhadap pengguna internet dalam negeri. Masih belum terlalu lama, Google membuat terobosan yang mengejutkan seluruh blogger di Indonesia. Khusus untuk domain blogspot, Google merubah domain negara jika satu blog diakses dari negara tertentu. Blogspot.co.id pun lahir dan mengejutkan banyak blogger.

Itu artinya, Google sedang memetakan mesin pencarinya dengan mengutamakan domain dari negara masing-masing. Hal ini diperkuat pula oleh pernyataan Andi Budimansyah yang dilansir Kompas Tekno (14/2/2014). Andi mengatakan, domain .id sangat ramah terhadap search engine optimization (SEO) pada mesin pencari Google.

Setelah dilakukan berbagai uji coba atas keunggulan domain .id, ditemukan bahwa kata kunci yang digunakan oleh website dengan domain .id lebih unggul dari situs lainnya. Walau ini tidak terlepas pula dari teknik SEO yang dimiliki oleh masing-masing pengguna.

Itu karena domain .id mampu mempercepat akses, lantaran server domain name server-nya (DNS) berada di Indonesia. “Jadi ketika ada komputer atau perangkat mobile dari Indonesia yang memanggil situs web dengan domain .id, aksesnya akan lebih cepat karena server DNS-nya berada di Indonesia dan lebih hemat bandwidth,” terang Andi.

Alasan lain yang tak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan adalah kepercayaan dan legitimasi. Domain .id dilindungi oleh undang-undang dan untuk mendapatkannya butuh persyaratan khusus. Oleh karenanya, domain .id secara tidak langsung mengurangi cyber crime di Indonesia.

Jangan mengira syarat membeli domain .id itu super sulit dan mahal. Syaratnya cukup memiliki KTP, tanpa harus membeli domain .id sama dengan nama di KTP. Soal harga, saat ini harga yang ditetapkan PANDI memang cukup jauh berbeda dengan harga domain .com, tapi ada banyak penyedia domain dan hosting yang melakukan promo, salah satunya idwebhost.com.

 (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here