Memasuki Bulan Suci Ramadhan “Painan Lakukan Balimau Paga”

0
391

Pessel – Koran sergap sumbar

Tradisi balimau paga setiap mamasuki Bulan Suci Ramadhan harus bisa terus dipartahankan. Sebab tradisi dengan berbagai keunikan yang dimiliki itu, bukan saja dapat dijadikan sebagai salah satu kekayaan adat dan budaya, tapi juga lebih dari itu, yakni mempererat tali persaudaraan antar sesama muslim.
Prosesi balimau paga yang hingga saat ini masih tetap lestari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat Sumbar, juga dilakukan secara serentak di semua nagari di daerah itu. saat memasuki bulan ramadhan 2018 Karena prosesi balimau paga merupakan bagian dari tradisi yang ada, sehingga secara bersamaan juga muncul berbagai atraksi dan kesenian-kesenian tradisional.

M Adli Salah seorang anak nagari Painan dan juga penggiat sadar wisata timbulun mengatakan,” bahwa prosesi balimau paga yang masih tetap lestari di daerah ini, dilakukan secara serentak di 182 nagari yang ada saat memasuki bulan Suci Ramadhan 1439 H tahun 2018.

” Balimau merupakan tradisi yang secara turun temurun masih tetap bertahan di Pessel setiap memasuki Bulan Suci Ramadhan,” katanya.

Balimau paga ini Juga akan dihadiri oleh KAN PAINAN dan Bupati kabupaten pesisir selatan H.Hendrajoni yang dilaksanakan Pada hari Selasa 15 Mai 2018 Jam 15.30 wib yang bertempat dilubuak nan duo timbulun Painan.

Yang terpenting tugas kita adalah menjaga kemurnian dari makna “Balimau” itu secara positif yaitunya, bahwa hati dan jiwa harus bersih sebelum berpuasa atau memasuki bulan Ramadhan.

Selain itu, momen ini juga dimanfaatkan untuk mempererat tali persaudaraan dengan saling mengunjungi dan memaafkan antar keluarga dan karib kerabat.

(Wempi Hardi. SH.sergapreborn.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here