Lumbung Pangan Masyarakat dan Lembaga Distribusi Pangan, Perlu Diperbanyak

0

Pessel, Koran Sergap Sumbar

Pemkab Pessel akan tetap berupaya menjaga ketersediaan dan lonjakan harga pangan. Selain itu, akan memperbanyak Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM).

“Langkah itu dinilai mampu menjaga dan mengendalikan ketahanan pangan sehingga dipandang perlu dioperasikan secara efektif,” Kata Bupati Hendrajoni, Senin 2 April 2018

Dijelaskan, LPM dan LDPM dimaksudkan untuk membantu menahan hasil panen dalam daerah, sehingga tidak seluruhnya terjual ke luar daerah.
Dengan demikian, ketika stok pangan menipis dalam daerah yang diakibatkan berbagai faktor, maka lembaga tersebut masih memiliki persediaan. Kemudian disaat terjadi lonjakan harga akibat menipisnya stok pangan, masyarakat tidak kuatir, karena stok masih tersedia, ucapnya.

“Pembangunan LPM dan LDPM itu juga harus diprioritaskan pada daerah-daerah rawan pangan dan bencana alam dengan mengaplikasikan berbagai model pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan yang telah ada di tingkat nagari dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Program diversifikasi pangan juga perlu dilakukan dengan mengembangkan Desa Mandiri Pangan (DMP) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi, sehingga dapat menjalani hidup sehat dan produktif secara berkelanjutan.

Kegiatan tersebut dilakukan melalui proses pemberdayaan masyarakat untuk mengenali potensi dan kemampuan, mencari alternatif peluang serta memecahkan masalah dalam memanfaatkan sumberdaya alam sehingga tercapai kemandirian.

Kemudian, tersedianya pangan yang cukup serta distribusi pangan yang memadai. Disamping itu, tersedianya stok pangan yang cukup, beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Selain itu, diimbau pada masyarakat agar mengkomsumsi makanan berbasis pangan lokal. “Ditengah serbuan makanan berbahan baku impor, imbuan ini terasa pas untuk mengembalikan kejayaan panganan yang berbahan pangan lokal,” sebutnya.

Imbauan ini menurutnya merupakan upaya untuk melestarikan pangan lokal sebagai bentuk meningkatkan penganekaragaman pangan dan  komsumsi, sehingga diharapkan keanekaragaman pangan yang bersumber dari bahan-bahan pangan lokal dapat menggairahkan usaha pertanian kedepan. (wempi hardi.SH. sergapreborn.id

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here