Kemerdekaan Adalah Milik kita semua, Dirgahayu Bangsaku ””

0
441
PHTO0056.JPG

OPINI KORAN SERGAP

“” kemerdekaan adalah milik kita semua, milik seluruh bangsa Indonesia. Dirgahayu Negeriku, Dirgahayu Bangsaku ””

Pessel, Koran Sergap__ Merdeka dalam konteks yang sangat luas, dimana kita telah menerima hak-hak kita sebagai manusia, yang tentunya juga harus memenuhi kewajiban yang harus kita pikul terhadap adanya kemerdekaan itu, pada intinya konteks merdeka adalah adanya kebebasan dan kenyamanan dalam memenuhi semua kewajiban dan menerima semua hak-hak kita semua. Memang Kemerdekan Negeri ini sudah di proklamasikan oleh DWI TUNGGAL Soekarno-Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 yang berarti sudah 72 tahun kita merdeka, tapi kita harus menyadari bahwa kemerdekaan itu tidak cukup di proklamasikan dan diperingati setiap tahunnya.

Jadi ingat suatu kalimat yang berbunyi MEREBUT KEMERDEKAAN ITU TIDAK MUDAH AKAN TETAPI MEMPERTAHANKAN DAN MENGISI KEMERDEKAAN ITU TIDAK SEMUDAH MEREBUT KEMERDEKAAN ITU SENDIRI,~ dan itu sudah menjadi tanggungjawab kita bersama selaku penerus perjuangan dari para Pahlawan yang gugur merebut Kemerdekaan itu, tidak cukup hanya kita peringati saja karena setelah peringatan itu selesai amak akanb berlalu tanpa arti yang terpenting adalah bagaimanan dan langkah apa kita mengisi kemerdekaan ini, Banyak hal dan cara untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan itu, dan setiap warga negara punya kesempatan dan mampu melaksanakannnya. Ungkap Usmardi alias Edi Muli (54 tahun) dikediamannya Batu tembak Painan Pessel sumbar.

Semoga pengalaman selama Bangsa Indonesia merdeka saiki, bisa dadekna pelajaran maring dewek kabeh nggo bisa jalan bareng-bareng luruh kesejahteraan karo kemakmuran nggo kabeh bangsa Indonesia, pada karo cita-cita kemerdekaan sing biyen diperjuangna. Ora cuma nggo sebagian wong sing emang wis duwe jabatan, wis duwe kemakmuran, tapi juga nggo wong cilik sing saiki uripe esih mlarat lan menderita. Dewek kudu berubah. Kudu aktif munculna solusi karo aktif ngobrolna masa depan Indonesia. Semoga pirang taun mengarep, ning pitulasan taun-taun ngarep, bangsa Indonesia ora cuma rame ning upacara karo lomba-lomba, tapi pimen carane juga merayakan kemerdekaan dengan mengadakan “moci bareng” antara wong cilik, wong nduwe, karo pejabat nggo guyub bareng mencari solusi nggo kabeh permasalahan sing diadepi bangsa, ngobrolna pan maring endi Indonesia mengarepe. Kemerdekaan bukan hanya milik sebagian orang punya, kemerdekaan adalah milik kita semua, milik seluruh bangsa Indonesia. Dirgahayu Negeriku, Dirgahayu Bangsaku, Indonesia.

(Wempi Hardi SH, sergapreborn.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here