Kapolrestro Bekasi Kombes Candra Kumara : Ajak Kaum Millenial Agar Sama-sama Jadi Pelaku Ketertiban Lalu Lintas

0
303

BEKASI, (Sergapreborn.id)

Gelaran kampanye lalu lintas bertajukMillenial Road Safety Festival (MRSF) resmi dimulai hari ini di seluruh Satlantas, Sabtu (2/2/2019). Di Kabupaten Bekasi, kegiatan MRSF dimulai dengan deklarasi kaum milenial dan kompetisi band di Taman Sehati, Cikarang Timur. (selengkapnya)

Di sana, ribuan orang yang masih termasuk kategori milenial berpartisipasi pada kampanye lalu lintas. Namun sebenarnya, apa itu Millenial Road Safey Festival?

MRSF adalah program Korps Lalu Lintas Polri bekerja sama dengan Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) dan Relawan Lalu Lintas Indonseia (Relasi).

Program ini dicanangkan pada 20 Januari, bertujuan mendukung keteriban lalu lintas dan keselamatan berkendara bagi generasi milenial. Program ini dimulai 2 Februari hingga 31 Maret 2019. Acara puncak akan terselenggara di Monumen Nasional, Jakarta.

Dalam keseharian, polisi melihat masih banyak kebiasaan berlalu lintas anak muda yang mengandung faktor risiko, misal menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm dan lainnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, angka kecelakaan di Indonesia mencapai 105.374 pada 2017 dengan 55,5 persen korban berusia produktif dan 28,12 persen kaum pelajar dan mahasiswa, keduanya masih masuk klasifikasi milenial.

Di Kabupaten Bekasi sendiri, menurut data Satlantas Polres Metro Bekasi, angka korban jiwa kecelakaan meningkat 30,15 persen pada 2018, dari 63 korban jiwa menjadi 82 korban jiwa. Itu didominasi milenial. (selengkapnya)

Kegiatan MRSF diwarnai dengan beragam lomba, misalkan lomba desain kreatif ‘road safety’, lomba mural, lomba video, lomba jingle, lomba foto, lomba blog dan lomba vlog.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra Kumara menjelaskan, ia secara pribadi ingin mengajak masyarakat agar menjadikan ketertiban lalu lintas sebagai kebiasaan.

“Kita awali dari keluarga kita, jangan sampai jadi korban kecelakaan lalu lintas,” katanya di Taman Sehati, Cikarang Timur, Sabtu (2/2/2019).

“Tujuan kita kampanyekan dan gelorakan kepada kaum milineal agar sama-sama kita jadi pelaku ketertiban lalu lintas. Jangan ada lagi korban kaum milenial, mati sia-sia di jalanan,” katanya.

Kegiatan deklarasi milenial dan kompetisi band dalam rangka MRSF dihadiri sekira 1.200 generasi milenial dari berbagai kalangan, seperti pelajar, komunitas dan mahasiswa.

(Ramli z sergap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here