Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lakukan Operasi Yustisi Di Banjarsari

0

Ciamis – Sergapreborn

Untuk pencegahan penyebaran Covid-19, di wilayah Kabupaten Ciamis, Satgas Covid-19 Kabupaten Ciamis bekerjasan dengan Satgas Covid-19 Kecamatan Banjarsari, lakukan operasi yustisi mensosialisasikan penerapan 3 M.

Kegiatan tersebut merupakan implementasi Inpres Nomor 6 tahun 2020 dan Perbup nomor 53 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Untuk Pencegahan dan Penanganan Corona virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Ciamis.

Opereasi yang di pimpin oleh Kepala Bidang Penegakan Disiplin dan Peraturan H. Titin, SH. Dengan melibatkan Satpol PP, Dishub, BPBD, Anggota Polsek Banjarsari, Anggota Koramil Banjarsari serta dari UPTD Kesehatan Banjarsari dan Ciulu, dilaksanakan di Jalan Raya Banjarsari, tepatnya di depan Alun-alun Banjarsari, Kabupaten Ciamis – Jawa Barat, Rabu (02/12/2020)

Dalam kegiatan tersebut, saat di konfirmsi awak media, H. Titin mengatakan, Bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi penerapan 3M kepada masyarakat.

“Sosialisasi ini merupakan upaya menumbuhkan kesadaran sendiri dalam menjalankan 3M, yaitu selalu memakai masker kemanapun kita berpergian, selalu mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir atau dalam hal tertentu mencuci tangan dengan handsanitizer, juga selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan” paparnya.

“Dalam operasi tadi kita masih mendapati masyarakat yang melanggar sejumlah 60 orang, dengan kategori ada yang tidak membawa masker, ada yang membawa tapi tidak dipakai, ada juga yang memakai masker tapi tidak sesuai dengan keseharusannya” imbuhnya.

Masih dikatakan H. Titin, “semua yang melakukan pelanggaran tersebut, sementara ini diberikan sanksi sosial berupa teguran saja, karena ini merupakan sosialisasi agar tumbuh kesadaran pada diri individu masyarakat untuk menjalankan prokes” ungkapnya.

“Perlu juga diketahui bahwa kegiatan ini untuk ke enam kalinya yang dilakukan gugus tugas Kabupaten yg bekerjasama dengan gugus tugas Kecamatan, dan kami akan lakukan terus kegiatan operasi seperti ini” tgasnya.

Ditempat yang sama Camat Banjarsri Dedi Mudyana mengatakan bahwa di Kecamatan Banjarsari yang tekonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 23 orang tersebar di dua wilayah Puskesmas Banjarsari dan Puskesmas Ciulu.

“Saat ini untuk ke 23 orang yang terkonfirmasi positif covid-19 diwajibkan untuk isolasi mandiri di rumahnya masing-masing” ungkapnya

“Kita bekerjasama dengan Pemerintahan Desa yang masyarakatnya sedang melalukan isolasi mandiri untuk membantu dalam menyuplai kebutuhan pokoknya, juga memberikan himbauan kepada masyarakatnya yang lain untuk selalau menjalankan prokes” tandasnya. (Moy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here