Gubernur Resmikan Pembangunan Infrastruktur di Lingkungan Bapenda

0
348

BANDUNG-sergapreborn

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, hari ini Selasa (19/03) meresmikan Pembangunan Infrastruktur di Lingkungan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat, yang meliputi Masjid Al-Akhyar, Gedung Arsip, Taman Interaktif, Gedung Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Banjar dan Wilayah Kab. Sumedang.

Untuk pembangunan infrastruktur dikawasan Bapenda yang terletak di Jl. Soekarno Hatta No.528 ini diawali proses perencanaan yang dilakukan pada tahun anggaran 2016 dengan disusunnya Detail Engineering Design (DED) yang dilanjutkan tahap review pada tahun anggaran 2017 untuk pembangunan Tahap I yang meliputi pembangunan Masjid, Gedung Arsip dan Taman Interaktif dengan pelaksanaan pembangunan fisik dilakukan pada Mei 2018.

Menurut Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, pembangunan Masjid Al Akhyar sesuai dengan visi pembangunan jangka menengah Provinsi Jawa Barat Ahun 2018-2023 adalah “Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi yang ditopang oleh 5 Misi, yang perwujudannya didasarkan pada nilai-nilai pembangunan, yaitu Religius, Bahagia, Adil, Inovasi dan Kolaborasi.

“Dalam kerangka tersebut Bapenda berkomitmen untuk mengimplementasikan nilai-nilai pembangunan dalam setiap sendi organisasi, yang diwujudkan dengan pembangunan sejumlah infrastruktur,” ucapnya.

Hening mengatakan, untuk pembangunan Gedung Arsip yang dibangun 4 lantai diharapkan bisa menampung arsip yang setiap harinya mencapai 1000 box, sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih representatif agar arsip dapat dikelola secara optimal guna menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah.

“Gedung Arsip ini juga digunakan sebagai tempat penyimpanan barang pakai habis dari hasil pengadaan,” ucap Hening, dalam sambutannya diacara Peresmian Pembangunan Infrastruktur di Lingkungan Bapenda, Selasa (19/03).

Sementara untuk pembangunan Taman Interaktif menurut Hening, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung termasuk para lansia dapat berolahraga ringan, termasuk arena bermain bagi anak-anak serta bagi generasi milenial tersedia arena ketangkasan sepeda.

“Dengan adanya Taman Interaktif ini diharapkan dapat menambah ruang berinteraksi diantara sesama pengunjung maupun masyarakat yang datang,” katanya. (Parno)

Bapenda Jabar Bangun P3DW di Kab, Kuningan dan Kota Banjar

BANDUNG- Bagian dari upaya untuk menambah semangat dalam meningkatkan kinerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat telah membangun Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) di Kabupaten Kuningan dan Kota Banjar.

Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko mengharapkan, dengan adanya gedung baru ini akan menambah semangat kinerja seluruh pegawai Bapenda yang ada di dua wilayah tersebut untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin.

“Sejalan dengan agenda reformasi birokrasi, pelayanan publik yang diberikan oleh setiap Badan Publik harus berorientasi kepada customer satisfaction (kepuasan masyarakat) yang diukur melalui sebuah Survey Kepuasan Masyarakat termasuk aspek sarana dan prasarana,” ucapnya.

Menurut Hening, pembangunan Gedung P3D Wilayah Kabupaten Kuningan karena kondisi gedung lama yang sudah tidak representatif sehingga pelayanan kepada para wajib pajak yang datang ke kantor Samsat kurang optimal.

“Dengan hadirnya gedung baru ini diharapkan dapat meningkatkan realisasi Pajak Daerah dari potensi 308.757 kendaraan bermotor (KMB),” kata Hening, dalam sambutannya diacara Peresmian Pembangunan Infrastruktur di Lingkungan Bapenda, Selasa (19/03).

Selain area parkir yang luas, di kantor P3DW Kuningan juga dilengkapi ruang bermain anak, pojok baca, fasilitas disabilitas, aula rapat dan ruang ATM center.

Sementara untuk pembangunan Gedung P3D Wilayah Kota Banjar dilakukan karena status kepemilikan tanah dimana gedung lama yang dibangun tahun 2008 lalu berdiri di atas tanah milik Pemerintah Daerah Kota Banjar sehingga pada anggaran 2013 lalu telah dilaksanakan pengadaan tanah untuk pembangunan gedung baru P3D Wilayah Kota Banjar.

“Dengan adanya gedung baru diharapkan dapat meningkatkan realisasi Pajak Daerah dari mulai potensi di Kota Banjar sebanyak 70.671 KBM,” ucapnya.

Gedung baru P3D Wilayah Kota Banjar dilengkapi dengan area cek fisik 2, ATM center, ground water tank, serta sarana penunjang lain yang dapat memberikan kenyamanan bagi para wajib pajak. (Parno)

Gubernur: Pembangunan Harus Berimbang

BANDUNG- sergapreborn.id

Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil memberikan apresiasi dengan adanya Pembangunan Infrastruktur di Lingkungan Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat, yang meliputi Masjid Al-Akhyar, Gedung Arsip, Taman Interaktif, Gedung Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Banjar dan Wilayah Kab. Sumedang.

“Pembangunan sebagai simbol fisik menuju terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi yang ditopang oleh 5 Misi, yang perwujudannya didasarkan pada nilai-nilai pembangunan, yaitu Religius, Bahagia, Adil, Inovasi dan Kolaborasi,” ucapnya.

Menurut Gubernur, kedepan, Jawa Barat tidak hanya maju dalam sektor infrastruktur saja tetapi juga dalam rohaninya, seperti membangun jalan tol sama dengan perintah sholat subuh berjamaah.

“Anggaran yang dikeluarkan Bapenda harus seimbang, jangan hanya infrastruktur tapi juga kebahagiaan dan rohaninya,”ujarnya

Gubernur, dalam
sambutannya diacara Peresmian Pembangunan Infrastruktur di Lingkungan Bapenda, Selasa (19/03).

Gubernur berharap, kedepannya masyarakat Jawa Barat harus unggul tidak hanya kemampuan berfikir dan kreatif tetapi juga unggul dari sisi rohaninya.

“Manusia unggul Jabar, IQ tidak cukup tapi juga masyarakat Jabar harus kuat,
fisik harus kuat, anak2 harus punya IQ jadi pararinter, Ahlaq yang baik, Rohani,” ujarnya.

(Wie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here