GIAT PEMBANGUNAN DI CIAMIS SELATAN

0
46

CIAMIS – SERGAP REBORN

Ciamis selatan adalah wilayah Ciamis yang sekarang ini di apit wilayah Kota Banjar dan di sebelah selatan Kabupaten baru yaitu Kabupaten Pangandaran.  Ciamis selatan khususnya Kecamatan Pamarican, Banjarsari, Banjaranyar, Purwadadi dan lakbok. Sekarang ini sedang giat dalam memmbangun insfrastruktur terutama bidang sarana dan prasarana transportasi yaitu jalan  jembatan dan pelengkapnya.
Sebelumnya  masyarakat yang berada diperbatasan Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar merasa pesimis bahwa ruas jalan yg rusak akan terbengkalai, namun pada Tahun  Anggaran 2019 hal tersebut dapat di realisasikan pembangunanya oleh Pemerintah kabupaten ciamis.

Saat ditemui oleh awak media sergap reborn seorang tokoh pemuda dan Karang Taruna sdr. Herna Suganda yang akrab di paanggil okky meng apresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan di anggarkanya pembangunan trek Jalan Cikohkol Kalijaya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pangandaran, ini merupakan langkah awal kemajuan Pemerintah kabupaten Ciamis dalam pembangunan sarana transpotasi di wilayah perbatasan yang akan menjadi sorotan semua fihak ujarnya, karena wilayah perbatasan merupakan etalase pemerintahan itu sendiri.

Selain itu hal ysng patut jadi perhatian adalah bahwa dalam pelaksanaan pebangunan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan direkrutnya tenaga kerja lokal apalagi dilibatkannya Karang Taruna baik segi pengadaan barang dan tenaga kerja, intinya kami Sangat berterimakasih kepada Pemerintah daerah Kabupaten Ciamis dan rekanan selaku pelakasana pekerjaan, dengan terjalinnya kerjasama atara pihak rekanan dan Karang Taruna yang dapat turut mewujudkan peran aktifnya  dalam menjaga kelancaran dan kondusifitas pada pembangunan yg berada di wilayahnya tersebut.

Harapan kami kedepan “memang sebaiknya peran Karang Taruna selalu di libatkan dalam moment-moment pembangunan seperti ini, karena selain untuk melatih para pemuda dalam bidang usaha juga melatih pemuda dalam hal turut serta dalam penyelenggaraan pemerintahan berbangsa dan bernegara.
Okky juga berharap kepada Pemerintah bahwa karang Taruna sebagai wadah resmi yg semestinya dapat perhatian khusus sebagai salah satu elemen bangsa baik pembangunan formal maupun informal.

Maka dari itu dari setiap pembangunan di daerah diwilayah masing-masing berharap pemberdayakan Karang Taruna lebih diutamakan sebagai bentuk kearifan lokal.
Di lain tempat juga wilayah perbatasan Kota Banjar , sdr. hendrix salahsatu tokoh Karang Taruna Kecamatan Pamarican mengatakan

“Memang pembangunan di wilayah kami Pemerintah sekarang mulai terlihat giatnya, dan kami berharap semoga Pemerintah Kabupaten Ciamis jangan sampai ketinggalan pembangunanya dengan daerah kabupaten dan Kota yg baru mekar”. Dan Hendrix pun berujar “karangtaruna sekarang memang sudah mulai mengikuti setiap langkah dan kegiatan pembangunan pisik baik ADD maupun APBD”.
Di temui di tempat terpisah tokoh masyarakat Drs. Oyat Nurayat M.Ag yg juga mantan Anggota DPRD kabupaten Ciamis periode 2014-2019 berkata “Wah bagus tuh ternyata masyarakat dan pemuda Karang Taruna sebagai generasi penerus sudah mulai kritis dan siap rupanya untuk membangun di daerahnya masing-masing coba kita tingkatkan kepada usaha lain yang bisa di fasilitasi oleh Pemerintah Daerah supaya daerah kita semakin maju dan mengurangnya angka pengangguran tentunya akan meningkatkan roda perekonomian di wilayah Ciamis Selatan dengan di tunjang oleh sarana dan prasarana pembangunan infrastruktur khusususnya sarana jalan dan jembatan”.

Salahsatu Anggota DPRD Komisi C (Bidang Pembangunan) Aang Mulyadi yang kerap disapa Acuy juga ikut berkomentar dan “siap untuk memajukan pembangunan sesuai dengan keinginan masyarakat Ciamis selatan dan aspirasinya akan kita  bahas dalam setiap paripurna”.

“Aduh aduh abdimah gatau cara usulna pembangunanteh tapi sekarangmah mulai ada pembangunan jalan yah…” kata mang Kanceng sembari mesem dan menyeruput segelas kopi yg kebetulan bertemu saya di warung kopi”.

(Cemoy Sergapreborn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here