Dua Pemerkosa Hingga Korban Melahirkan Bayi Dituntut 14 dan 13 Tahun

0
255
Sokeh (45) dan Jalaluddin Suyuti (21)

Sidoarjo  – Sokeh (45) dan Jalaluddin Suyuti (21) warga Dusun Janganasem Desa Trompoasri Kecamatan Jabon  terdakwa pemerkosa NR (14) tetangganya sendiri sampai hamil dan kini sudah melahirkan bayinya dituntut masing-masing 14 tahun dan 13 tahun penjara dalam sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Sidoarjo, Rabu (19/10/2016).

Perbuatan keduanya terbukti melanggar pasal 81 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan Perempuan.

Dalam sidang tuntutan itu, berkas keduanya dijadikan 2. Untuk terdakwa Sokeh tuntutan dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Gita Ratih Suminar. Sedangkan untuk terdakwa Jalaluddin Suyuti alias Udin dibacakan JPU, Luvy Widiastuti.

“Kedua terdakwa memang dituntut berbeda. Karena terdakwa Sokeh mencabuli korban sebanyak 3 kali dan terdakwa Jalaluddin Suyuti mencabuli korban, sekali,” terang Kasi Pidum Kejari Sidoarjo, I Wayan Sumertayasa.

Dia menambahkan, tuntutan terdakwa Jalaluddin Suyuti lebih ringan karena dalam persidangan sebelumnya, terdakwa mengaku bakal berani mempertanggungjawabkan perbuatannya yakni berjanji bakal menikahi korban.

“Karena pertimbangan itulah, kemudian tuntutan berbeda untuk kedua terdakwa dalam kasus yang sama itu,” imbuh ‎mantan Kasi Pidum Kejari Banyuwangi itu.

Ketua Majelis Hakim, Lie Sonny yang memimpin sidang, memberikan waktu kepada kedua terdakwa untuk berkoordinasi dengan tim penasehat hukumnya untuk berdiskusi soal pembelaan (pledoi).

Rencananya, mereka berdua bakal membuat pembelaaan (pledoi) dalam sidang selanjutnya dengan pembelaan masing-masing. “Kalau sudah mengerti tuntutan dan akan membuat pembelaan pada sidang selanjutnya, sidang dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembelaan,” jelas Lie Sonny. (isa/ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here