DPC Manggala Garuda Putih Kab. Tasikmalaya mendapatkan kunjungan Sosialisasi Relawan Kebencanaan dari Badan Penanggulangan Bencana (BPB) DPP Manggala Garuda Putih

0
47

Tasikmalaya.- Sergapreborn

(13 Februari 2020)

Setelah beberapa hari melakukan kunjungan sosialisasi Relawan Kebencanaan ke beberapa daerah Kabupaten di Jawa Barat, pada kesempatan ini Badan Penanggulangan Bencana (BPB) DPP Manggala Garuda Putih, Kang Cakra selaku Ketua BPB DPP MGP melakukan serah terima formulir relawan kebencanaan kepada Ketua DPC MGP Kab. Tasikmalaya ibu. Elis Lisnawati, A.Ma.Pd. , bertempat di Sekretariat DPC MGP kab. Tasikmalaya.

Kunjungan sosialisasi ini dalam rangka pembentukan 6000 relawan pantau gabungan dalam satu unsur Pentahelix. Disampaikan penjelasan mengenai kebencanaan,
– Mitigasi dan Kesiapsiagaan,
– Tanggap Darurat,
– Rehabilitasi dan Rekonstruksi.
Serta fungsi dari Relawan Pantau.

Dalam kesempatan sosialisasi ini selain dihadiri oleh perwakilan tiap Pengurus Anak Cabang (PAC) MGP kab. Tasikmalaya. Sosialisasi kebencanaan disertai silaturahmi ini berlangsung dalam suasana diskusi santai tetapi serius dalam pemahaman kebencanaan.

Dalam arahan Presiden Joko Widodo, pada acara Munas BNPB pada 4 Februari 2020 lalu di SICC Bogor, di point ke 3 sangat jelas menginstruksikan bahwa Penanggulangan Bencana harus dilaksanakan dengan kolaboratif, ‘Pentahelix’ yaitu kolaborasi antara unsur Pemerintah, Akademisi dan Peneliti, Dunia usaha, Masyarakat serta Media massa.

Setelah dilakukan sosialisasi Kebencanaan, Ketua DPC MGP Kab. Tasikmalaya ibu. Elis Lisnawati, A.Ma.Pd. secara langsung menyerahkan relawan kebencanaan tahap pertama sebanyak 76 orang relawan kepada Ketua BPB DPP Manggala Garuda Putih, Kang Cakra. Dan menyatakan bahwa DPC MGP kab. Tasikmalaya siap mendukung, serta berperan serta turun ke masyarakat dalam mensosialisasikan Kebencanaan. Melihat data Indeks Resiko Bencana Indonesia tahun 2018 yang dikeluarkan oleh BNPB, bahwa Kabupaten Tasikmalaya termasuk dalam resiko tinggi dalam kebencanaan.

Bener – Wani – Babad

(Mulyani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here