Ditreskrimum Polda Jabar Menciduk Delapan (8) Orang Dept Collector Gadungan

0
526

May 17, 2019

BANDUNG,- sergapreborn

Dit Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat menangkap 8 (delapan) orang mengaku Dept Collector melakukan Perampasan, Penipuan dan Pencurian 1 (Satu) Unit kendaraan roda empat merk Honda Jazz.

Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Pol. Iksantyo Bagus Pramono, S.H.M.H., didampingi Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol.Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K mengungkapkan hal tersebut saat menggelar konferensi pers di Gedung Dit Reskrimum Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta No. 748 Bandung, Jumat, 17/5/2019.

Direktur Reskrimum Polda Jabar menjelaskan penangkapan 8 orang tersangka dugaan perampasan, penipuan, dan pencurian berdasarkan pelapor Yaya Sunjaya, Selasa, 14/ 5/2019.

Kejadiannya, pada hari, Selasa, 14 Mei 2019, sekitar pukul 20.00 Wib di RM. Pandan Wangi Pasir Koja. saat itu, korban Yaya Sunjaya bersama keluarganya mampir untuk makan malam, tiba-tiba didatangi oleh beberapa tersangka, yaitu HM, AK, CAH dan CIS (Mata Elang) yang menyatakan bahwa kendaraan Roda Empat Merk Honda Jazz Warna Hitam No. Pol E 1638 YI cicilannya macet. Dan selanjutnya menghubungi tersangka DSP melalui WA memberitahukan hal tersebut, dan tidak beberapa lama datang tersangka DSP bersama tersangka JD bin AR dan tersangka HH alias K menghampiri korban sambil menunjukan surat penarikan unit yang didapat dari tersangka IN bin J yang diduga SK tersebut palsu. Dan meminta korban untuk ikut ke Terminal Leuwi Panjang dengan dalih untuk bertemu bosnya.

Sesampainya di Terminal Leuwi Panjang bertemu Sdr. R, D, dan B saat ini masih DPO dan mereka meminta uang tebusan sebesar Rp. 9.000.000, – kepada korban agar kendaraan tersebut tidak ditarik ke PT. Clippan akan tetapi korban tidak menyanggupinya. Selanjutnya Sdr. R (DPO) meminta korban untuk menghidupkan kendaraan dan tanpa sepengetahuan korban kuncj kendaraan tersebut diambil oleh Sdr. R (DPO) dengan dalih untuk pengamanan. Dan pada saat korban lengah dan tanpa sepengetahuan dirinya kendaraan tersebut dibawa kabur. Dan atas kejadian tersebut korban merasa dirugikan dan melaporkan kejadian tersebut ke Polda Jabar.

Menurut Direktur Reskrimum Polda Jabar, dari hasil olah TKP, penyelidikan dan hasil pengumpulan informasi, selanjutnya pada hari, Selasa, 4 September 2018, sekitar Jam 16.30 Wib, Tim Resmob Subdit 3/Jatanras Dit Reskrimum Polda Jabar melakukan penangkapan terhadap para tersangka di depan halaman Parkir Bank Panin, Jl. Asia Afrika Kota Bandung berikut barang bukti berupa 1 (satu) unit kendaraan R4 merk Honda Jazz.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap para saksi, tersangka, dikuatkan dengan adanya barang bukti, maka terhadap tersangka IN Bin J, DSP, JS, HH, HM, CAH, CIS dan AK patut diduga telah melakukan tindak pidana perampasan, penipuan, dan pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 368 KUHP ancaman 9 tahun dan atau pasal 378 KUHP ancaman 4 Tahun dan atau pasal 362 KUHP ancaman 5 Tahun. Pada saat ini, para tersangka telah dilakukan penahanan dan ditahan di Rutan Polda Jabar serta diproses oleh Unit 2 Subdit 3/Jatanras Dit Reskrimum Polda Jabar.

(Wie /hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here