Desa Sukamulya Dapat PTSL Untuk Warganya

0
69

Ciamis – Sergapreborn

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan. Untuk itu dalam pelaksanaanya membutuhkan bantuan perangkat desa atau kelurahan dalam rangka pengumpulan data yuridis maupun data fisik. Partisipasi perangkat desa ini sangat diharapkan untuk menyukseskan kegiatan PTSL
.
“Mengingat hal tersebut maka pada penghujung tahun 2019 Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa barat menilai penting untuk mensosiilisasikan  dalam rangka menyukseskan PTSL,” Wilayah BPN Provinsi Jawa barat, Khusus nya di Kabupaten Ciamis.
.
Desa di Kabupaten Ciamis yang memperoleh program PTSL tersebut adalah salah satu nya Desa Sukamulya Kecamatan Purwadadi Kab.Ciamis.
.
Endang salah satu masyarakat Sukamulya Senin ( 27/01) Yang mendapatkan Program APBN PTSL  “mengungkapkan bahwa  Program PTSL didesa kami ada program PTSL ini sangat mendukung dan membantu warga untuk kemaslahatan disamping  itu tapi tentunya juga.sangat bermamfat,” ucapnya.
.
Dia juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran desa atas ada nya Program PTSL di desa sukamulya yang bekerja secara maksimal ,” kata nya

“Namun demikian Rumor yang berkembang ada nya pungutan didesa kami itu tidak benar ada sedikit Miskomunikasi saja padahal yang terjadi sebenarnya bukan pungutan pada program PTSL namun itu hanya pungutan SPPT pada tahun lalu seraya menyebutkan Untuk Program PTSL 2019 – 2020 di desa kami khusus nya di dusun sukaharja tak ada pungutan,” imbuh nya kepada media ini.

Ia berharap semoga program PTSL yang digulirkan pemerintah yang ada di desa sukamulya tahun ini sesuai target yang ditetapkan dapat bertambah lagi. “Karena sertifikat ini penting untuk mengurangi sengketa yang ada di masyarakat, untuk itu harapanya target PTSL berjalan baik ” pungkasnya.

( Agus )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here