Desa Mekar wangi Membangun

0
1076

Ateng yang menjabat Kades Mekar wangi

 

Ciamis – Koran Sergap, Terealisasinya penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun 2016  di desa Mekar wangi Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat telah memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat sekitar

Seperti halnya realisasi anggaran dana desa untuk pembangunan yang didanai dari Dana Desa dan ADD yakni, pembangunan Pengaspalan di dusun cikerenceng desa Mekar wangi dan pembangunan gorong gorong dan pembangunan lainnya.

Sedangkan anggaran lain nya di salur kan ke Pemberdayaan digunakan untuk pembiayaan Bumdes yang sudah rampung 100 % , jelas ateng .

Ateng yang menjabat Kades Mekar wangi ini , Mengatakan , kepada koran sergap Minggu (4/12-2016) pemerintah desa dan BPD, dan aparat desa dan BPD serta pembiayaan lainnya telah terealisasi sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA) desa Mekar wangi, katanya.

Menurut Ateng  mengungkapkan, pembangunan yang kami laksanakan pada tahun 2016 itu adalah menjadi pembangunan yang sangat prorioritaskan didesa nya yang telah di usulkan oleh masyarakat pada saat Musyawarah Desa (Mudes). Jelasnya

Lanjut nya , Ateng menjelaskan, penggunaan dana desa dan ADD ini telah membantu seluruh masyarakat didesa kami, sebab awalnya masyarakat kami selalu mengusulkan di Musrembang Desa. Dan pada akhirnya harapan masyarakat telah terjawab pada pencairan Dana Desa dan ADD ditahun 2016 ini.

Sehingga kami selaku aparat desa Mekar wangi Kec.Sukamantri telah mempergunakan anggaran ini dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan masyarakat didesa kami. Karena dengan pembangunan ini akan memberikan peningkatan perekenomian masyarakat di desa kami, Tutur nya.

“sejak dari pertama pelaksanaan pekarjaan pembangunan fisik yang didanai Dana Desa dan ADD desa kami ini, kami sendiri selaku aparat desa dengan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) telah mengerjakan sesuai dengan Permendagri dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang ada,”

Dari beberapa fisik pekerjaan pembangunan tersebut kami laksanakan bersama masyarakat desa Mekar wangi melalui pemberdayaan Bumdes Dan seperti contoh pekerjaan jalan pengaspalan pekerjaan gorong gorong dan pekerjaan lainnya itu kami berdayakan seluruh masyarakat dengan cara Harian Orang Kerja (HOK). Sambungnya

“setiap masyarakat melakukan pekarjaan dari HOK itu kami bayarkan sesuai dengan standar harga yang ditentukan oleh Peraturan Bupati (Perbup) Ciamis Dan TPK telah membuat format lampiran Permendagri Nomor 113 tahun 2014 yaitu Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan surat Pernyataan Tangggungjawab Belanja. Kata ,” Ateng yang menjabat bendahara Apdesi Di wil Sukamantri.

(Perdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here