Baru Selesai Dihotmix, Jalan Angsana Gunungkelir Pamarican Amblas

0

CIAMIS – SERGAPreborn

Guyuran hujan yang terjadi hari senin (30/11/2020) sejak pukul 13:00 hingga malam hari di wilayah Kecamatan Pamarican, telah mengakibatkan sebagian Ruas Jalan Angsana – Gunungkelir amblas, tepatnya di Blok Pasirnagara, Dusun Malabar, RT 33/ RW 08, Desa Sidamulih, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pekerjaan peningkatan jalan Angsana – Gunungkelir yang dikerjakan oleh pihak rekanan yaitu PT. Primayasa Adiguna, bersumber dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kab. Ciamis, dengan nilai anggaran milyaran rupaih, sebagian ruasnya amblas sekitar kedalaman 1,2 m dan panjang 35 m.

Menurut keterangan ketua RT Setempat, Hendi, mengungkapkan bahwa amblasnya jalan terjadi pada Selasa (01/12/2020), sekitar pukul 03.30 WIB dini hari, diketahui pertama oleh seorang penyadap gula aren, Rasdin 45 th.

“Saat itu Rasdin awalnya tidak mengetahui kalau jalan tersebut amblas, dia dikagetkan setelah motor yang ditungganginya masuk jalan yang amblas” ungkapnya.

Untuk keselamatan para pengguna jalan, Hendi ketua RT setempat, bersama masyarakat menutup akses jalan, pasalnya untuk kendaraan roda empat kini tidak bisa sama sekali melewati jalan tersebut.

Amblasnya trek Jalan Angsana – Gunungkelir, mendapat respon cepat dari dinas PUPRP Kab. Ciamis, pasalnya, sekitar pukul 02:00 wib, Kadis, Kabid, Serta Kasi, dari Dinas tersebut langsung meninjau lokasi.

Dilokasi, Kabid Bina Marga, H.Hilman Nuryadin, ST. saat di konfirmasi awak media mengatakan, kejadian amblasnya jalan tersebut, murni karena dampak bencana alam, bukan kelalaian dari pihak kontraktor.
Selasa (01/12/2020).

Saat disinggung mengenai perencanaan awal, bahwa di titik lokasi tesebut telah dilakukan sondir tanah dan akan dilakukan pemasangan pancang, Hilman mengatakan

“Betul memang kemarin telah dilakukan boring, kita rencanakan untuk melakukan pemancangan dilokasi ini, mengingat tanah disini cukup labil dan sering terjadi amblas” katanya

“Namun mengingat waktu dimungkinkan tidak akan cukup, rencana permanennya kita akan lakukan pada Anggaran 2021, karena kita juga nantinya harus melakukan pembebasan lahan dulu, makanya kita fokus untuk pembangunan jalan, dan dalam dokumen lelang anggaran tahun sekarang, itu tidak ada item pemasangan pancang” jelasnya.

Dilain tempat, Anggota DPRD Kab. Ciamis, Andang Irfan Sahara dari Komisi D, selaku anggota dewan dari dapil 6, mengatakan dirinya merasa perihatin akan kejadian tersebut.

“Saya sangat perihatin jalan yang baru satu hari di hotmix sekarang sudah rusak lagi akibat pergeseran tanah” ungkapnya.

“Saya juga langsung melakukan koordinasi dengan ketua Komisi C selaku komisi pembangunan, berharap langsung meninjau lokasi dan segera dilakukan perbaikan, karena jalan tersebut merupakan jalan penopang perekonomian masyarakat” Pungkanya. (Moy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here