Adakan Upacara HUT RI ke-73, HA IPB Ingatkan Jaga Kemerdekaan

0
531
Caption: Upacara HUT RI ke-73 yang diadakan DPP HA IPB di Camp Hulu Cai, Ciawi, Bogor (17/8).

Bogor, (Sergapreborn.id)

Ketua Umum Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB), Fathan Kamil mengingatkan untuk menjaga kemerdekaan. Hal ini ia sampaikan dalam upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 yang diadakan Dewan Pengurus Pusat (DPP) HA IPB, Jumat (17/8), di Ciawi, Bogor.

“Upacara ini (HUT RI ke-73) adalah untuk selalu mengingatkan kepada kita bagaimana kita harus menjaga kemerdekaan, bagaimana kita membangun komitmen berkesinambungan untuk anak cucu kita dalam menjaga kemerdekaan,” kata Fathan selaku pembina upacara dalam amanatnya dihadapan sekitar 100 peserta upacara.

Foto : Upacara HUT RI ke-73 DPP HA IPB

Karena kemerdekaan itu, menurutnya, merupakan sesuatu paling berharga yang menjadi bagian dari kehidupan setiap insan.

“Jiwa-jiwa merdeka selalu diharapkan untuk tumbuh berkembang menjadi sebuah peradaban terbaik di muka bumi. Pada amanat upacara ini, semangat kemerdekaan ini saya sampaikan untuk kemudian kita sadari bahwa bangsa Indonesia harus menjadi bagian dari peradaban terbaik di muka bumi, bukan selalu menjadi negara berkembang,” papar Fathan.

Apalagi, lanjutnya, akan selalu ada segelintir orang menguasai sebagian besar kelompok masyarakat.

“Kita pahami sekarang bahwa akan selau ada yang disebut dengan sekelompok orang untuk menjadikan dirinya merasa digdaya dari yang lain. Karena itu, kita selalu mengingatkan segelintir orang yang merasa digdaya dalam kehidupan di dunia ini, bahwa kita harus sama-sama mewujudkan kehidupan lebih baik ke depan untuk semua kelompok,” kata Fathan.

Adapun peserta upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 yang diadakan DPP HA IPB ini, selain dari unsur pengurus DPP HA IPB, juga diikuti oleh perwakilan Dewan Pengurus Daerah (DPD) HA IPB diantaranya DPD Sumatera Utara, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat. Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini juga merupakan rangkaian acara dari kegiatan Outing dan Bakti Sosial DPP HA IPB di Camp Hulu Cai, Ciawi, Bogor, 17-18 Agustus 2018.

(Hendri/Gm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here