Acara Lakiran digelar di Makam Cicadas

0
485

Ciamis sergapreborn.id.

Belum lama ini acara Tahunan lakiran yang Di gelar dimakam cicadas atau cibadul tepatnya di kampung kaduranjeng.

Acara tahunan,lakiran yang dilaksanakan oleh masyarakat kampung balong Desa sirnajaya Rajadesa.

Masyarakat dalam acara tersebut melaksanakan Do’a bersama ,tahlilan, di bangunan yang berukuran kurang lebih tiga ke empat meter.

Di TPU tempat pemakaman umum cicadas makam yang menurut cerita tempat meninggalnya buyut jamalung Atau jamaludin yang menurut cerita. keturunan Dari cirebon.

orang yang menyebarkan agama islam di tataran kerajaan Rajadesa yang dirajai prabu sirnaraja kepala Dusun balong Suha menuturkan pada sergap usai melaksanakan acara Do’a bersama acara lakiran ini setiap tahunnya kami beserta masyarakat kampung balong selalu mengadakan acara lakiran acara tahunan ini sudah kami agendakan setiap tahunnya . dengan tujuan kita mendoakan para keruhun ,dan pendahulu kita orang tua kita yang sudah meninggal dunia khususnya kami doakan semua ahli kubur yang sudah meninggal dunia,” paparnya.

Tambahnya,”semua masyarakat disini semua turun untuk melaksanakan acara ber Do’a bersama,”ungkapnya.

Setelah selesai acara masyarakat semua menuju ke balai kampung untuk melaksanakan makan bersama acara yang dihadiri para tokoh agama maupun tokoh masyarakat hadir pula dalam acara tersebut pemerintahan desa tak ketinggalan hadir pula caleg kabupaten ciamis dari partai PPP Ujang haeruman

Nampak ujang heruman bersalaman Dengan tokoh masyarakat

“Ujang berharap Dalam pelaksanan tahunan ini untik kedepanya lebih meriah Dan terkonsep,” imbuhnya.

Menurutnya acara demi acara yang dia hadiri Dari mulai nyalin yang di laksanakan Di samida dan lakiran Di sanghiang juga sampai acara puncaknya disini Di kampung balong Ini sangat luar biasa . masyarakat Desa sirnajaya masih perduli dan merawat situs situs yang ada di daerah sirnajaya apalagi satu bentuk Do’a yang di berikan kepada tokoh tokoh agama maupun para ahli kubur apa lagi mendo’akan orang yang sudah meninggal dunia semua hamparan makam disini ini semua keluarga kita semua orang tua kita. Ini perbuatan yang sangat fositif Semoga kedepanya akan lebih kompak. Kata ujang heruman Caleg dengan nomer urut delapan(8) itu.

Nampak poto masarakat saat melaksanakan Do’a bersama Di makam cicadas

Dari pantauan sergap dilapangab ,Acara yang rampung hampir jam 12-00 itu di isi Dengan santap makanan yang disediakan oleh panitia pelaksana memang dalam acara lakiran di kampung balong Desa sirnajaya selalu Ramai seluruh masyarakat mengikuti acara itu dari mulai anak anak sampai orang tua.

( Lili Eriawan sergap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here