Marak Tambang Ilegal di Kecamatan Cigeulis Harus Jadi Perhatian

0
800

Pandeglang – Banten – Sergapreborn.id

Jika aturan pemerintah ditegaskan penambangan bisa baik dari aturan lingkungan tetap terjaga Pengusaha legal tentu sudah memiliki perjanjian bahwa harus dijaga sementara yang ilegal jelas tidak memperhatikan aspek itu, demikian dikatakan sumber yang tak mau disebutkan namanya kepada sergapreborn beberapa waktu lalu.

Dia menambah kan , Selain penambangan legal juga bisa memberikan rasa nyaman bagi beberapa paktor dengan pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan penambangan bebatuan dan sebagainya harus diatur sesuai undang undang.”Kita tidak Menjastis” Akan tetapi penambangan ilegal bisa berjalan rasa aman kemungkinan juga ada sesuatu yang membuat seperti itu,” ujar nya.

“Semesti nya ini harus ditertibkan karena jika tidak lingkungan bisa rusak”

Tambah nya ,” seharusnya ada yang mengawasi dari pihak pemerintah yang tugasnya untuk membantu pengawasan. dari kepolisian dan masyarakat agar tidak terindikasi penindakan tambang ilegal.karna tambang ilegal akan berdampak pada lingkungan otomatis jika lingkungan rusak maka berdampak pula kebutuhan masyarakat ” ujar nya menyampaikan.

Dia mencontohnya air Mata air yang berada di areal akan kering jangka panjang disamping pepohonan yang di tebang akan berpengaruh dengan sumber oksigen. Pada lingkunganya seraya mengatakan ,” Aturan Terkait galian C harus ditegak kan dan perlu kita sadari peraturan undang undang yang berlaku seauai UUD Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba) kemudian PP Nomor 23 tahun 2010 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan Mineral dan batu bara serta UUD Nomor 28 tahun 2009 tentang pajak dan Retribusi,” papar nya.

“Yang didukung surat izin pertambangan daerah SIPD di urus IUP administrasi teknik serta kajian analisa dampak lingkungan serta finansial dan IUP EKPLORASI IUP Oprasional dan amdal maka dipastikan bisa melakukan kegiatan pertambangan, “Kata nya.

Dan apa bila bidang ini belum terpenuhi dinyatakan semua kegiatan ilegal,” tegas nya.

Pada saat wartawan berkunjungi kelokasi penambangan di marapat kecamatan cigelis,  terdapat kegiatan galian yang sedang muat batu ke mobil atas kepemilikan lahan yaitu bapak engkos dimana setelah kami jauh mengamati hasil produksi tambang ini ditampung ke perusahan BNR tepatnya dekat perusahaan rajawali dan secara kebetulan BOS BESAR pemilik BNR ada Berinisial “M” dimana kami langsung mengklarivikasi keberadaan batu yang tertampung oleh beliau.

beliau mengatakan bahwa tertampungnya batu ini karna saya Donasi kepada pemilik tambang yaitu engkos kisaran ratusan juta,” ungkapnya .

dan yang menarik dari peebicangan kami adalah Bapak M ini mengatakan sudah kordinasi atau kordinir kepada kepemerintahan cigelis bahkan sudah bukan rahasia lagi untuk hal itu,” katanya

dan saya pun punya saudara di perijinan provinsi, Jawab nya.

Berdasarkan ketentuan UUD pertambangan yang sudah umumnya diketahui pemerintah harus tegas melakukan penertiban guna meluruskan atau memperbaiki ketentuan para pengelola yang ingin usaha dipertambangan agar pajak yang harusnya masuk kepemerintah tidak terjadi penyelewengan oleh oknum pengusaha.

( Ahyar sergap )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here