Perda Ketenagakerjaan Kab.Bekasi Harus diterapkan Sesuai Aturan

0
1075

Bekasi – Srrgapreborn.id , Praktek pelanggaran masih kerap dilakukan perusahaan. Oleh karena itu ia menagih Perda itu diterapkan.

“Kabupaten Bekasi sudah punya perda tersebut, tetapi kenapa tidak ditindak pengusaha yang jelas-jelas melanggar, kita ingin meminta ketegasan Bupati Bekasi Hj.dr Neneng Hasanah Yasin. (5/9/2018)

Menurut Keterangan Ketua Umum FEDERASI GSPB SULAIMAN pada awak media bahwa ada 2 kasus yang terjadi: di Pabrik Allure Alumunium dan Pabrik Surya Adi Perkasa.

Banyak buruh Allure Alumunium yang di-PHK, sementara kontrak kerja dianggap menyimpang dari ketentuan hukum, termasuk Perda.

“Pada diawal kerja tidak ada perjanjian kerja tertulisnya, padahal apabila bicara aturan ketenagakerjaan itu tidak boleh, dan di pastikan oleh hukum sebagai pekerja dengan waktu tidak tertentu, istilah kita sebagai pekerja tetap, tetapi kenapa di PHK,” tukasnya geram.

Lanjutnya, yang kedua terjadi praktek pemagangan, sebenarnya pemagangan itu lebih meningkatkan kompetensi kerja, atau persiapan untuk masuk sebagai pekerja.

Akan tetapi, kata Cecep, praktek yang ada 100 persen pekerjaan yang dilakukan peserta magang ini pekerjaan pada umumnya dan upah yang didapati setara dengan uang saku, di bawah upah minimum yang berlaku.

“Kemudian ada yang lebih ironis, bahwa sebelum mereka sebagai peserta magang, justru mereka bekerja di perusahaan tersebut, jadi bekerja sekian lama, kemudian dengan dalil habis kontrak mereka diberhentikan, kemudian dimagangkan dengan mengerjakan pekerjaan yang sama,” ujarnya.

Rekan rekan seperjuangan berharap agar Perda Ketenagakerjaan dapat diterapkan dan dijalankan dengan sebenar benarnya,”imbuhnya.

Ia punya catatan kecil, massa sekarang tidak lagi diperbolehkan berunjuk rasa di depan Kantor Bupati karena Perda baru tentang Protokoler Penanganan Unjuk Rasa.

Perda ini di jalankan kepada kami, tetapi kenapa tidak di jalankan sama pengusaha yang jelas-jelas sudah melanggar dari perda kabupaten bekasi.

Perda dibuat dengan memakan anggaran banyak, dan membutuhkan proses yang rumit, tidak mau dijalankan,ungkap Sulaiman.

Ramli Z sergap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here