“Mabokuy” Hasil karya Pengrajin Purwaraja

0
1540

Opini Koran Sergap , Tulisan ini adalah sebagian dari naskah hasil penelitian dan investigasi di lapangan yang saya muat di Jurnal koran sergap dan Desain hasil dari kampung cintanagara desa purwaraja Kecamatan Rajadesa – Ciamis terbitan  awal bulan April 2018 yang juga merupakan hasil karya masyarakat Purwaraja.

Hasil dari investigasi di lapangan  mengungkapkan bahwa  anyaman bambu halus yakni manusia boboko dan dudukuy yang disebut ( Mabokuy ) di Kp Cintanagara desa Purwaraja Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis ada pengrajin disana yang berdiri sejak tahun 2015.

contoh ; Mabokuy ( Manusia boboko&dudukuy yang di hasil kan putra terbaik Kp Cintanagara desa Purwaraja – Rajadesa

Dalam hal ini pihak pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten harus bisa  mengangkat hasil karya anak bangsa ini  sebagai bentuk usaha pengrajin untuk menyebarkan jenis kerajinan tangan ini ke wilayah daerah lain nya , Penyebaran yang di harap.kan masyarakat desa purwaraja ini sudah mulai di lakukan contohnya ke daerah  kawali , daerah sukabumi dan daerah lainnya yakni ciamis dan bandung dan sekitarnya.

Prosfek bambu Mabokuy itu sendiri  yang di buat oleh tangan tangan masyarakat cintanagara desa purwaraja – Ciamis pada tahun 2015 mulai bergerak, untuk mengembangkan anyaman bambu yang di sebut Mabokuy ini sudah mulai ada penunjukan yang berarti di wilayah purwaraja-Rajadesa.

Tampak para pengrajin Kp Cintanagara desa purwaraja sedang mengayam bambu di sulap menjadi Mabokuy

Bisa saja apabila hal pengrajin anyaman Mabokuy mengalami pasang-surut, dan berhasil dewasa ini, anyaman bambu halus merupakan salah satu produk yang harus terus di tingkatkan keberadaan nya karena hal ini hisa menjadi unggulan desa purwaraja di samping produk lain nya yang ada di desa purwaraja – Ciamis.

Tulisan ini memaparkan bagaimana asal mula timbulnya anyaman bambu halus yang bisa di karyakan menjadi Mabokuy didesa  purwaraja dan bagaimana perkembangan selanjutnya. Dimaksudkan: untuk melengkapi dokumen kerajinan tangan baik bagi pemerintah desa dan pemerintah kabupaten dan Provinsi agar masyarakat purwaraja khususnya para perajin, merasa bangga bahwa hasil kreasi urang kampung Cintanagara desa purwaraja telah mencoba memasarkan untuk menyebar ke berbagai daerah dan merupakan komoditi anyaman bambu yang membanggakan.

Diharapkan rasa bangga tersebut dapat membangkitkan daya kreatif para perajin. Ini merupakan sumber penghasilan bagi mereka yang akan berusaha di bidang  kerajinan tangan desa purwaraja , khususnya mereka yang tertarik untuk lebih memperdalam  perkembangan anyaman bambu yang terbuat menjadi Mabokuy desa purwaraja sejak awalnya. Selanjutnya, tulisan ini dibuat untuk memberikan pencerahan kepada anak bangsa lain nya yang ada di indonesia.

Masyarakat kampung Cintanagara desa purwaraja sedang melihat Pembuatan Mabokuy kemaren

Sejak kapan kerajinan tangan anyaman bambu  yang di buat menjadi Manusia Boboko dan dudukuy ( Mabokuy ) tumbuh dan mulai berkembang di desa purwaraja tepat nya di Kp Cintanagara – Rajadesa ‘ Ciamis ini sudah di lakukan semenjak tahun 2015  Mula-mula merupakan kegiatan yang berasal dari naluri untuk memiliki alat dan barang yang diperlukan untuk melangsungkan kehidupan masyarakat purwaraja . Kegiatan membuat barang kerajinan tangan ini yang di maksud Mabokuy akan terus beegerak bilamana kebutuhan telah terpenuhi, lain halnya bilamana timbul “kegiatan perdagangan”. Karena barang berlebihan, atau adanya kebutuhan akan barang yang lain, atau adanya permintaan dari tempat lain, maka terjadilah permintaan atau penjualan Mabokuy.

Hal ini menyebabkan produksi barang kerajinan tangan berjalan terus. Kegiatan ini akan lebih lancar bilamana jalan lalu lintas yang menghubungkan konsumen dengan produksi mudah. Kegiatan yang terus berlangsung, lama kelamaan menjadi kegiatan yang harus di lestarikan keberadaan nya termasuk mabokuy Produk desa purwaraja.

Aktifitas Pengrajin Bambu Mabokuy sedang mengayam untuk di distribusikan kedaerah sukabumi

Kegiatan kerajinan tangan anyaman bambu yang di sulap menjadi Mabokuy yang telah di lakukan ini bisa diwariskan secara turun temurun, dan bisa  tersebar luas di seluruh wilayah  lain nya untuk di minta pengiriman Mabokuy Akan tetapi,perhatian Pemerintah daerah ataupun Provinsi juga pusat terhadap kegiatan kerajinan tangan yang  ada dilakukan penduduk Purwaraja itu ” Perlu di perhatikan dengan bijak”

Pada dasar nya Mabokuy Kp Cintanagara desa Purwaraja – Rajadesa / Ciamis Kerajinan tangan anyaman bambu yang di sulap Mabokuy mulai dikerjakan para pengrajin, di tempat inilah mulai dilakukan pembuatan Mabokuy yang terdiri dari anyaman bambu halus Mabokuy diciptakan dan dibuat sedemikian bagus Menurut salah  seorang sesepuh, tokoh masyarakat setempat desa purwaraja  jenis kerajinan tangan ini (Mabokuy) adalah cukup baik untuk di geluti dan dikembangkan keberadaan nya seyogya nya pemerintah daerah dan Pusat juga menengok hasil.karya masyarakat purwaraja yang mulai diminanti masyarakat.

( Opini ini Di Tulis Oleh Helmi Purnama Pimred Koran Sergap)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here