Sosialisasi Program Inovasi Desa , di Kab. Ciamis

0
551

Ciamis – Koran Sergap , Program Inovasi Desa, Apa Itu ? Program Inovasi Desa merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT). Maksudnya untuk membangun Desa kreatif dan berinovasi untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal. Juga replikasi teknologi, dan percepatan pembangunan Desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Pogram Inovasi Desa, Apa Itu ? Program Inovasi Desa merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT). Maksudnya untuk membangun Desa kreatif dan berinovasi untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal. Juga replikasi teknologi, dan percepatan pembangunan Desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Tamu undangan dalam menghadiri , sosialisasi inovasi desa. Di IC.

Memberikan kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa, di samping meningkatkan kapasitas finansial Desa melalui, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Dalam Keterangan Bupati Ciamis , inovasi menjadi trend pembangunan di kabupaten ciamis.dalam akhir pidato nya dalam sosialisasi Inovasi Desa di Islamic centre , Kamis 28/12

Lewat kewenangan dan anggaran, desa meningkat kemampuannya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Namun demikian, disadari bahwa kapasitas Desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif “Desa Membangun”, masih terbatas. Keterbatasan itu dapat dideteksi pada aras pelaku (kapasitas aparat pemerintah desa dan masyarakat), kualitas tata kelola desa, maupun sitem pendukung (support sistem) yang mewujud melalui regulasi dan kebijakan pemerintah yang terkait dengan desa.

pembukaan acara bursa inovasi desa kab.ciamis tgl 28 desember 2017. Di islamic centre

Hal itu, pada akhirnya mengakibatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengedalian, dan pemanfaatan kegiatan pembangunan kurang optimal, sehingga kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Merespon kondisi itu, Pemerintah sesuai amanat UU Desa, menyediakan tenaga pendamping profesional, yaitu: Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PD), sampai Tenaga Ahli (TA) di tingkat Pusat, untuk memfasilitasi pemerintah desa melaksanakan UU Desa secara konsisten.

Pendampingan dan pengelolaan tenaga pendamping profesional dengan demikian menjadi isu krusial dalam pelaksanaan UU Desa. Penguatan kapasitas Pendamping Profesional dan efektivitas pengelolaan tenaga pendamping menjadi agenda strategis Pendampingan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

Aspek lain yang juga harus diperhatikan secara serius dalam pengelolaan pembangunan desa adalah ketersediaan data yang memadai, menyakinkan, dan up to date, mengenai kondisi objektif maupun perkembangan Desa-Desa yang menunjukkan pencapaian pembangunan desa.

ketua BPD desa Sirnabaya Iing Solihin pakai.baju hijau dan kepala desa Sirnabaya  kec. Rajardesa Mamat Rochmat. Menghadiri sosialisasi Inovasi Desa Di islamic centre 28/12

Hal ini Program inovasi desa,  atau bursa inovasi desa kabupaten Ciamis 28 Desember 2017 diselenggarakan di Ciamis dengan maksud  guna lebih meningkatkan pendayagunaan masyarakat di pedesaan sebagai basih peningkatan pembangunan demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara langsung yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakay ciamis pada umumnya.

Pada kesempatan tersebut hadir pula bupati ciamis, menyampaikan,” Inovasi desa atau burrsa inovasi adalah untuk meningkatkan pemerataan pembangunan melalui berbagai program yang telah digulirkan oleh pemerintah Kabupaten Ciamis ,” Kata nya.

( Red Sergap / I. Solihin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here