55 Sekolah Rajadesa&Tambaksari Di Monitoring Monev Terkait Pertanggungjawaban Dana Bos

0
685

Ciamis – Koran Sergap , 
Kegiatan monitoring terhadap penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS), pada tingkat Sekolah Dasar Negeri di dua wilayah yakni UPTD Pendidikan Rajadesa dan UPTD Pendidikan Tambaksari kembali dilakukan oleh Tim Monitoring dan Evaluasi (Moneva) dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis  (Disdik) Ciamis (Jabar). Kegiatan dilaksanakan pada kamis tanggal 21/12 , di SDN 1 Tanjungjaya Kecamatan Rajadesa Monitoring tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauhmana akuntabilitas para pengelola atas pemanfaatan dan penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada periode  2017. Monitoring dilakukan terhadap  55 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Rajadesa dan Kecamatan Tambaksari.

Salah satu kepala dari SDN 3 Sirnajaya , Ucu dan bendahara sedang di wawancara oleh tim monev disdik ciamis.( jumat 12/21 di  SDN 1 Tanjungjaya olehTim Monev )

“Bahwa tujuan monitoring itu adalah untuk melihat dan mengetahui, apakah sekolah itu sudah mendapatkan dana BOS sesuai dengan jumlah muridnya. Apakah sudah melaksanakan tertib SPjnya sesuai dengan juknis BOS pada tahun 2017”,jelas Amir salah satu Tim Monev dari Disdik Ciamis, jumat (21/12)

Tim monitoring ini, sambungnya, “hanya melihat dan membina apakah tertib SPj itu masih ada kekeliruan dan kesalahan, maka tim monitoring hanya sebatas melakukan pembinaan dan memberikan pengarahan supaya bisa benar. Sehingga tidak menimbulkan suatu permasalahan di kemudian hari. Dengan harapan supaya SPj untuk priode  2017 nanti tidak terjadi lagi kesalahan”,harap Amir.

K3s, Rajadesa , Heru dan Kepala sekolah SDN 2 Purwaraja yang sedang menghadiri kegiatan Tim Monev di SDN 1 Tanjungjaya tadi siang 21/12

Kepala Unit Dinas Pendidikan (UPTD) Kecamatan Rajadesa, Priyatna  mengatakan tim monev sedang menjalankan evaluasi dana BOS tahun 2017, mudah mudahan pelaksanan nya berjalan tertib dan aman.

“Dalam hal ini tim monitoring hanya mengantisipasi agar ke depan lebih bagus. Harapannya, semua kepala sekolah dapat mengikuti ketentuan sesuai juknis agar nanti tidak ada masalah”,harap  kepala UPTD tersebut.

Kegiatan monitoring dihadiri oleh seluruh Kepala sekolah di wilayah UPTD pendidikan Rajadesa dan Tambaksari juga di hadiri oleh kepala UPTD Rajadesa Priyatna dan para pengawas UPTD Rajadesa. K3S Rajadesa serta Bendahara SDN diwilayah UPTD Pendidikan Rajadesa dan tambaksari.

Menurut salah satu kepala sekolah SDN 2 Sirnajaya  sekaligus Ketua K3S Rajadesa Heru , “Alhmdulilah pihak sekolah kita sudah di evaluasi tadi pagi jam 8. Dan sudah selesai, seraya mengatakan ada 12 sekolah yang di sample oleh tim monev disdik ciamis masing masing 6 sekolah untuk UPTD Pendidikan Rajadesa dan 6 Sekolah Untuk UPTD Pendidikan Tambaksari, dimana untuk wilayah UPTD Pendidkan rajadesa ada 35 sekolah dan untuk UPTD Pendidikan Tambaksari 20 Sekolah total 55 sekolah yang di monev tim dari disdik ciamis, semua nya sudah beres , mungkin di perkirakan acara monev ini siang sudah selasai , “Kata nya.

( Red /Lili Eriawan Sergap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here