Sosialisasi BPSK kota Bandung terkait BPKN RI

0
325

Bandung, Sergapreborn.id

Pada lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat. Saat ini sedang dan di sosialisasikan kegiatan nya melalui Program BPSK kota Bandung bersama BPKN RI.

Berdasarkan dasar hukumnya.
Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dibentuk sebagai upaya merespon dinamika dan kebutuhan perlindungan konsumen yang berkembang dengan cepat di masyarakat.

Pembentukan BPKN berdasarkan pada ketentuan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) yang ditindaklanjuti dengan PP No. 57 Tahun 2001 tentang Tugas, Fungsi serta Keanggotaan BPKN.

Keanggotaan BPKN Periode I masa jabatan 2004 – 2007 berjumlah 17 orang, yang terbentuk berdasarkan Keppres RI No. 150/M tahun 2004 tentang Pengangkatan Anggota BPKN. Dengan semangat baru, terbentuk

20 Anggota BPKN Periode II masa jabatan 2009-2012 Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 80/P Tahun 2009 tanggal 11 Oktober 2009, Periode III masa jabatan 2013 –2016 dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 80/P Tahun 2013 terbentuk 23 Orang Anggota BPKN yang mewakili pemerintah, akademisi, tenaga ahli dan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM).

Fungsi dan tugas BPKN ditetapkan dalam Pasal 33 dan 34 UU 8/1999 Tentang Perlindungan
Konsumen, sebagai berikut:

Memberikan saran dan rekomendasi kepada pemerintah dalam rangka penyusunankebijakan di bidang perlindungan konsumen;
Melakukan penelitian dan pengkajian terhadap peraturan perundang-undangan yangberlaku di bidang perlindungan konsumen;
Melakukan penelitian terhadap barang dan/atau jasa yang menyangkut keselamatankonsumen;
Mendorong berkembangnya lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat;
Menyebarluaskan informasi melalui media mengenai perlindungan konsumen dan memasyarakatkan sikap keberpihakan kepada konsumen;
Menerima pengaduan tentang perlindungan konsumen dari masyarakat, lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat, atau Pelaku Usaha; dan Melakukan survei yang menyangkut kebutuhan.

Menurut salah satu narasumber yang saat di konfirmasi oleh awak sergap. Di trans mall Carefor jalan terusan Buah batu Bandung, minggu, 3 Maret 2919, dari PNS kota Bandung saudara Dadang, SH, hasil wawancara langsung dalam Vidio sekilas.menjelaskan tetkait kegiatan atau sosialisasi program BPSK kota Bandung,
Saya semenjak di angkat dan di lantiknya tgl 23 November 2019 oleh wakil gubernur. Dan sejak di efektifkan
kerja mulai pertengahan Desember 2019,
Saya kebagian piket kerja setiap jumat dari jam 10 sampai jam 15.
Dan saya sudah mengikuti prasidang sebanyak 3 kali. Ujarnya sambil melanjutkan komentar, terkait
Anggaran untuk kegiatan bpsk sudah ajukan bahwa anggaran untuk tahun 2019 dan menurut kabar dari pusat bahwa.anggaran tersebut akan keluar, sehingga pembayaran honor untuk anggota BPSK bisa direalisasi bulan april mendatang jadi untuk sementara 3 bulan ini anggota BPSK kota Bandung belum dapat dibayar honornya akan tetapi di bulan Appril akan dibayar sekaligus.4 bulan. Ungkapnya sambil menutup perbincangan ini kepada Sergap korwil Jabar.

(Korwil Jabar, Wie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here