Selamat Datang UNBK Serentak Nasional Selamat Tinggal UNKP

0
231
Wawancara dengan Kepala sekolah SMAN 2 Ciamis,H. Endang Rahmat sekaligus sebagai ketua MKKS Ciamis didampingi seluruh , panitia UNBK SMAN 2 Ciamis. ( poto Heri hernawan )

Ciamis – Koran Sergap , Liputan khusus Sergapreborn tentang Pelaksanaan Regulasi Nasional Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) untuk setiap tingkatan Sekolah di Seluruh Indonesia terus berjalan dan dilaksanakan dengan baik walau ketersediaan unit Komputer disekolah jumlahnya masih terbatas.

Liputan Sosialisasi UNBK se- Wilayah XIII disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat bertempat di SMAN 3 Ciamis dan dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah SMA SMK baik Negeri maupun Swasta dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran. ( berita sosialisasi UNBK sergap ), menyatakan semua sekolah siap 100% memgikuti dengan merujuk regulasi serta petunjuk teknis yang ditentukan.

Liputan khusus Sergapreborn tentang UNBK telah mendapat restu untuk meliput di wilayah kerjanya dari Ka CD XIII Dinas Pendidikan Jawa Barat ( Drs. Muhamad Suryasa, M.M.Pd. ) sebagai bentuk implementasi dari informasi public dan hasil liputanya bisa jadi masukan kepada semua pihak terkait.

Namun sayang , Kepala Kemenag Kabupaten Ciamis beberapa kali dihubungi dan dikunjungi ke Kantornya tidak bisa dihubungi

Berikut hasil kunjungan liputan pelaksanaan UNBK di SMA dan MA sejak tanggal 9 – 12 April 2018 disekitar kota Ciamis. Yang di rangkum Koran Sergap :

Kepala Sekolah SMAN 1 Ciamis , Wawan Haryawan saat bincang bincang dengan koran sergap.
Kepsek SMA Informatika Ciamis.
Kepsek SMAN 1 Baregbeg , Endang Mulyadi
Kepsek SMA Terpadu Ar-Risalah ( Hj. Didah Samrotul Fuadah, M.Pd. ) Kompleks Ponpes Ar-Risalah Pamalayan Cijeungjing Ciamis.

 

Poto , Sesaat sebelum.Ujian dimulai didampingi Petugas UNBK di SMA 2 Ciamis

 

Semua sekolah menyambut positip dan menjalankan UNBK on the track, sehingga pelaksanaan UNBKB berjalan dengan mulus dan lancar hanya saja belum ada Sekolah yang mempunyai unit komputer sesuai jumlah peserta UNBK sehingga ada yang dua session dan ada yang tiga session ( 07.00 s/d 16.00 ), sehingga baik sekolah negeri maupun swasta mengusulkan memohon bantuan pengadaan unit komputer dari kebijakan pemerintah atau bantuan CSR yang minimal sesuai jumlah peserta UNBK agar pelaksanaan ujian bisa satu session saja.

Sekolah dan siswa antusias dengan ujian berbasis komputer bahkan visinya ujian harian, ujian tengah semester, ujian akhir semesterpun harus mengacu berbasis komputer. Ujian berbasis komputer mendidik percaya diri, menutup budaya nyontek karena satu siswa satu soal, soal baru muncul secara serentak nasional beberapa menit sebelum ujian dimulai, pihak sekolahpun tidak tahu dan tidak boleh menyimpan soal tersebut, jadi hasil ujianya murni kualitas masing-masing individu peserta ujian.

Tidak ada penjagaan soal yang menguras energi dan waktu seperti Ujian Berbasis Kertas Pensil ( UNKP ), tidak ada lagi kebocoram soal atau rekayasa hasil ujian. UNBK benar-benar efektif dan efisien di jaman now, semua menyambut baik regulasi UNBK ini untuk diteruskan tahun berikutnya dengan menutup permasalahan keterbatasan unit komputer baik swasta maupun negeri.

Ada yang aneh dilapangan tatkala hari terakhir UNBK tanggal 12 April 2018 jam 13.00 WIB Wartawan Sergapreborn berkunjung ke MAN PUI Cijantung Ciamis. Biasa etika tatakrama bertamu sebagaimana mestinya bertamu, menunjukan surat tugas dan kartu pers, tapi pihak sekolah MAN PUI yang waktu itu menerima langsung mengatakan tidak mau diliput dan tidak mau diwawancara.

(Lipsus Sergapreborn Heri Hernawan, Ir.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here