Pemkab Subang Per Juli 2019 Baru Serap Anggaran APBD Sebanyak 40 Persen

0
147

SUBANG – sergapreborn

Sampai awal Juni 2019, serapan anggaran di Pemkab Subang, baru mencapai 40 persen, dari total APBD sebesar Rp2,9 triliun lebih.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Subang Syawal mengungkapkan, serapan anggaran 40 persen tersebut, terdiri dari belanja pegawai atau gaji pegawai selama 6 bulan berjalan, yang masuk dalam belanja tidak langsung, termasuk belanja langsung berupa program dana bantuan hibah, dan sejumlah proyek pembangunan penunjukan langsung (Juksung).

“Idealnya sih serapan anggaran itu hingga 6 bulan berjalan ini, sudah terserap antara 45 sampai dengan 50 persen, alasannya masih banyak program juksung yang belum terealisasikan, ya mudah-mudahan saja di pekan ini, sudah bisa terealisasikan,” ujar Syawal kepada Wartawan di Subang, Selasa (11/6/2019).

Apabila proyek pekerjaan infrastruktur sudah selesai dilelang oleh sejumlah OPD, maka kata Syawal, serapan anggaran itu bisa mencapai 70 hingga 90 persen dari totala APBD.

“Tahapan percepatan serapan anggaran ini, tergantung dari hasil lelang sejumlah proyek pembangunan infrastruktur, yang menjadi program setiap OPD,” jelasnya.

Selain itu menurutnya, serapan anggaran itu tidak hanya di pengelolaan anggaran saja, tetapi juga di pendapatan, yang mampu untuk membiayai sejumlah programkeguatan di tahun 2019 ini, yang bersumber dari APBD murni tahun 2019.(Ahy/Eka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here