Pelayanan Publik Manajemen Perkantoran Ciamis

0
294

Sebuah artikel sederhana sebagai bahan inspirasi dan spirit dalam menata pelayanan publik yang prima.

Ciamis – Koran Sergap , Potret yang diamati adalah penataan suasana lingkungan sekitar tempat kerja, tempat kerja berikut sarana dan prasarana penunjang, sistem pengendalian dan pengelolaan manajemen, Kualitas Sumber Daya Manusia, Manajemen Pelayan Publik serta Produktifitas yang terukur.

Pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2017. Penulis mengunjungi Kantor BPKD menemui Bapak Kepala dan Sekretaris BPKD Kabupaten Ciamis untuk memohon izin memotret sekilas Pelayanan Prima Manajemen Perkantoran di BPKD. Setelah mendapatkan izin maka penulis melakukan pemotretan sebagai bahan artikel yang dimaksud.

Berikut hasil liputanya semoga bisa menjadikan inspirasi sekaligus spirit dalam pelayanan yang prima terhadap publik :

Memasuki Komplek Perkantoran BPKD, ada dua pintu gerbang halaman untuk masuk dan keluar, tempat motor dan mobil terpisah dan ada payung peneduh kendaraan dari hujan serta panas, dibelakang ada kantin kantor walau kecil, ada mushola yang bersih, selanjunya masuk pintu gerbang utama perkantoran, begitu indah tertata, langsung tersedia meja pelayanan tamu dengan buku tamu dan para petugas pelayanan tamu yang rapih beresih yang sangat ramah, tamu dipersilahkan untuk menunggu diruang tunggu tamu ada kursi, meja, televisi, dan tivi informasi ( kebetulan waktu penulis berkunjung tidak sedang menyala ). Selanjutnya setelah mendapat izin, penulis didampingi oleh seorang staf yang ditugaskan mendampingi pemotretan.

Dari hasil pemotretan dan penjelasan dari pihak BPKD ternyata semuanya adalah sebuah manajemen perkantoran yang terkonsep dalam sebuah sistem manajemen yang komprehensif didukung alat bantu teknology berbasis komputerisasi online yang terintegritasi dan update setiap saat untuk kinerja internal maupun eksternal yang membutuhkan.

Pegawai atau aparatur di BPKD oleh tupoksinya ternyata dituntut mempunyai basic Kualitas Sumber Daya Manusia standar yakni ; SDM Pegawai yang mempunyai wawasan ilmu pengetahuan yang luas, mempunyai skill teknis yang trampil berbasis teknologi komputer, serta terakhir dituntut mempunyai atittude sikap mental kepribadian yang beretika tinggi dalam hal beretika dan tatakrama.

Seni kepemimpinan dalam pengendalian dan seni manajemen penataan pengelolaan menciptakan iklim suasana yang sinergis, profesional dan kekeluargaan sehingga berdampak kepada kualitas kinerja dan produktifitas hasil kerja yang kongkrit dan epektif.

Potret hasil produktifitas kinerja BPKD cukup baik yakni mendapatkan opini WTP 4 ( empat ) kali berturut turut hasil Audit Laporan Keuangan Tahun 2013, 2014, 2015 dan 2016. Mendapat berbagai Anugrah dan yang tertinggi adalah Penghargaan dan Tropi Dana Rakca dari Presiden Republik Indonesia pada Tahun 2016.

Demikian liputan sekilas potret manajemen perkantoran berbasis pelayanan prima untuk publik di Kantor BPKD Kabupaten Ciamis. Intisari, prinsif serta hakikat amanah abdi negara sebenarnya adalah sebagai abdi rakyat. UU ASN, PP 53 tentang Disiplin PNS, serta Sumpah Korpri harus senantiasa dijunjung tinggi. Masukan dari hasil pemotretan adalah mengenai Anjungan Media Informasi untuk Publik berbasis Komputer agar ditampilkan diruang publik untuk dapat di update secara terbuka, Pakaian Dinas lengkap dengan tanda pangkat dan jabatan sesuai Perbup Tahun 2015 serta Surat Edaran Sekda masih belum terlihat dipakai 100%, dan terakhir adalah IC untuk Tamu. Semua itu dalam rangka untuk menciptakan iklim suasana profesional Tugas Kedinasan pada Kantor Dinas, Jam Dinas dan Hari Kerja Dinas. Agar senantiasa tercipta Citra Pemerintahan yang bersih dan berwibawa, serta Pelayanan Prima terhadap Publik.

Ciri has Ciamis anu manis, manis budi pekertina, manis budi bahasana sareng manis budi parangina. Kultur budaya urang Ciamis anu nyunda nyantri tur nyakola. Budaya masyarakat ciamis anu pinter tur singer, parigel jagjag tur rancage kalayan dibungkus tatakrama anu sopan tur santun gagah dina lungguh has urang tatar galuh kabupaten ciamis.

Menurut ,  kepala BPKD DRS. H. Asep Sudarman MPD.  Di dampingi Sekretaris BPKD Kab. Ciamis , H. KURNIAWAN, SE. MSi. Ak. CA  , Prinsip, semua tamu dilayani, terjadwal Agar Kami dapat melayani dengan baik, dibuat schedule, tapi tidak berarti birokratis

“Tersedia Masjid Jami, dapat menampung warga masyarakat perkantoran di sekitar lingkungan BPKD, JL DRS. SOEJOED ”

Penulis Artikel adalah  :  Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat Citra Galuh Mandiri

( LSM CGM ) sekaligus wartawan Sergapreborn.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here