Musholla “Peran Penting Sebagai Sarana Ukhuwah Islamiyah” Antara Warga Sekolah

0
255
Foto : Musholla SMKN 1 Painan, Sedang Dibangun

PESSEL, – (Sergapreborn.id)

Masa muda adalah masa yang produktif untuk menggali ilmu, menambah wawasan, serta mengembangkan kreativitas. Pada masa-masa inilah banyak ide-ide kreatif yang timbul sebagai bentuk dari apresiasi diri kalangan remaja. Sangat disayangkan jika masa-masa produktif ini digunakan untuk melakukan hal yang kurang atau bahkan tidak bermanfaat.

Foto : Evi Fitriana Kepala SMKN 1 Painan

Pemuda adalah tiang agama. Masa-masa kejayaan Islam tidak luput dari peranan pemuda Islam didalamnya. Mulai dari Ali bin Abi Thalib hingga M. Al Fatih sang penakluk Konstantinopel. Namun jika dilihat pada zaman sekarang ini, kualitas pemuda muslim sangat jauh tertinggal. Kebanyakan dari pemuda muslim lebih senang menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang dengan hal yang duniawi tanpa pernah terpacu untuk mengejar hal-hal yang berhubungan dengan akhirat.

 

“kita dapat dengan mudah menemukan banyak pemuda di Mall dan tempat hiburan lainnya namun sangat jarang kita temukan para pemuda di masjid-masjid. Hal ini mengindikasikan bahwa minat para pemuda untuk mendalami agama mereka sangat rendah.

Peranan Mushola pada saat ini di sekolah sangat berperan untuk membina generasi yang madani, karena Mushola di samping sebagai sarana ukhuwah islamiyah juga sebagai sarana membantu pendidikan non formal yang memberi dampak positif kepada warga Sekolah dan masyarakat di lingkungan sekolah pada umumnya. Yang pada gilirannya dapat menjadi filter bagi umat Islam.

Teruwujudnya akhlak mulia sesuai dengan visi sekolah tersebut, tidak terlepas dari penanaman nilai-nilai dan norma agama yang terintegrasi dalam proses pembelajaran dan kegiatan-kegiatan keagamaan terutama dalam beribadah.

Ibadah adalah kebutuhan dasar setiap kaum muslim dan seiring dengan bertambahnya jumlah siswa di SMK Negeri 1 Painan yang sebagian besar beragama Islam berimbas pada kebutuhan sarana ibadah berupa Musholla.

Mushola disamping peranannya sebagai sarana menjalin ukhuwah islamiyah juga sudah saatnya digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial lainnya sepanjang untuk kemaslatan peranannya. Sehubungan dengan semangat umat Islam untuk meningkatkan syiar Islam dan kualitas pemahamanan sekaligus pendalaman terhadap ajaran Islam dengan hati yang tulus dan keinginan yang kuat, segenap pengurus dan Panitia Pembangunan Mushola mengajak kepada segenap lapisan masyarakat khususnya kaum muslimin dan muslimat untuk menaruh perhatian terhadap rencana mulia tersebut.

(Wempi Hardi. SH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here