Forum Jurnalis KPU Kota Banjar Gelar Diskusi Dan Deklarasi Melawan Pro Hoax

0
291

Kota Banjar, Koran Sergap
Forum Jurnalis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, yang tergabung dari beberapa media cetak dan online menggelar diskusi dan deklrasi melawan anti hoax. Yang diselenggarakan di aula rumah makan saung oemah, Jalan Langensari Panatasan Kelurahan Pataruman Kec.Pataruman Kota Banjar, sabtu (24/03/2018).

Foto : Deklrasi di sambut baik dan mendapat dukungan penuh dari pihak Pemerintah, TNI / Polri, Kejaksaan Negeri, KPU, Panwaslu, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Diskusi dan Deklrasi ini di sambut baik dan mendapat dukungan penuh dari pihak Pemerintah, TNI / Polri, Kejaksaan Negeri, KPU, Panwaslu, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Menurut Ketua Forum Jurnalis KPU Kota Banjar, Aditya Tri Wahyudi, diskusi dan deklrasi tersebut akan menjadi komitmen bersama dalam melawan hoax atau informasi bohong di Kota Banjar. Apalagi masuk pada tahun politik, potensi penyebaran hoax itu sangat besar. Dan masyarakat harus bisa memilih, mana itu hoax dan mana itu berita.

Foto : Dokumentasi liputan Encep Dian Sergap

” Banyak korban akibat dari hoax. Maka perlu adanya kesepahaman tentang hoax dan termasuk kejahatan yang terorganisir. Inilah yang membuat keresahan rekan-rekan jurnalis untuk menggelar diskusi dan deklarasi melawan hoax,” ungkapanya.

Dengan beredarnya hoax di tahun politik ini lanjut Adit, “Pada dasarnya tidak ada berita bohong dari hasil produk jurnalistik. Karena, berita itu adalah hasil dari data, fakta yang didapatkan dari lapangan oleh jurnalis itu,” imbuhnya.

Acara ini bertajuk “Menolak Hoax Untuk Ciptakan Pilkada Serentak 2018 Yang Berintegritas, Kondusif dan Demokratis,” pungkasnya.

Kegiatan dihadiri jajaran Muspida Kota Banjar, yakni perwakilan dari Pemerintah Kota Banjar, Kejaksaan Negeri Banjar, Polres Banjar, dan Kodim 0613 Ciamis. Hadir juga Ketua KPU Banjar, Dani Danial Muklis dan Ketua Panwaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman serta perwakilan dari Ormas maupun LSM se kota Banjar.

Ketua Pelaksana kegiatan diskusi, Yudi Rasdian, sangat bersyukur acara berjalan lancar dan terdapat kesamaan pandangan terkait pentingnya memerangi berita Hoax untuk sukses kan pilkada serentak. “Alhamdulillah acaranya berjalan lancar dan semuanya mengapresiasi, semoga kedepan kita sepakat untuk melawan hoax sehingga dalam pilkada serentak 2018 nanti bisa berjalan aman, damai, demokratis dan berintegritas,” ungkapnya.

“Semoga dengan adanya diskusi ini, mereka yang hadir bisa memahami perbedaan informasi dan berita, tidak ada berita yang hoax karena berita didasari oleh fakta, kalau informasi hoax itu ada.” Jelasnya. Salah satu peserta, Joko Nurhidayat yang juga ketua umum HMI Cabang Kota Banjar, sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya acara ini.

“Ini forum yang langka, kehadiran forum jurnalis KPU ini bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain, karena jurnalis ini kan sangat membantu untuk kemajuan daerah bahkan negara, hal ini lantaran isu hoax sudah merajalela dengan dengan cara-caranya, banyak implikasi, provokasi dan propaganda dalam hoax tersebut,” tandasnya.

Acara ditutup dengan membagikan Sertifikat kepada para peserta diskusi yang hadir dan pembubuhan tanda tangan di atas baliho, yang bertanda-tangan diantaranya dari perwakilan TNI, Polri, Pemkot Banjar, Kejaksaan Negeri Banjar, KPU Banjar, Panwaslu Banjar, Ormas, LSM, dan elemen masyarakat. (Encep Dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here