Ayo Mandiri Mewujudkan Kesejahteraan Petani Di Kabupaten Pesisir Selatan

0
244

Pessel sergapreborn.id

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan menghadiri panen raya bawang merah, terhadap Kelompok Tani Murni Nagari Surantih Kecamatan Sutera, Kamis 14 Maret 2019.

Dalam rombongan kegiatan panen raya bawang merah tersebut terlihat Ir. Nuzirwan. N. MT, didampingi Yeni Gusti, SP Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil, Meildian Yused, SP Kepala Seksi Produksi dan Perbenihan berserta 2 orang Staf dari Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Disela-sela panen, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura melakukan wawancara dengan, Ketua Kelompok Tani dan Koordinator BPK.

“Melalui wawancara ini kami dapat informasi bahwa benih bawang merah yang ditanam berasal dari Alahan Panjang dan cukup rentan terhadap penyakit dibanding benih yang berasal dari Brebes. Ujar bujang.

Lanjut dia, pada saat ini Ubinan yang dilakukan menunjukkan produksi mencapai 24 ton/Ha. saat ini bawang merah dijual ke pedagang di pasar sebesar Rp. 25.000,- per Kg. Dengan harga nilai ini, hasil penjualan per hektar mencapai Rp. 60.000.000,-. Biaya produksi mulai benih sampai pasca panen selama 2 bulan Rp. 20.000.000,- per hektar. Hasil bersih Rp. 20.000.000,- per hektar per bulan. Ujarnya.

Sementara Ir. Nuzirwan. N. MT Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, dalam sambutannya, mengatakan, Panen yang dilakukan di lahan seluas 1,5 Ha ini pendanaannya berasal dari APBD Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2018. Ujarnya Nuzirwan.

Setelah panen perdana kegiatan Dilaksanakan dihadapan Koordinator BPK, Supervisor, PPL, Ketua dan Anggota Kelompok Tani, Siswa PKL dari SMK N 1 Balai Selasa dan SMK N 1 Sutera, meminta agar bantuan ini jangan menjadi ketergantungan.

“Mari tingkatkan kemandirian dan perluas areal tanam. Mari kita sejahterakan petani sesuai Visi Bupati Pesisir Selatan. Ujarnya Kadis.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Ranah Pesisir, orang nomor satu di jajaran Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Pesisir Selatan itu meminta seluruh jajarannya konsisten dan komit dengan arahan Bupati Pesisir Selatan.

Panen Raya Bawang Merah, Kelompok Tani Murni Nagari Surantih, bersama Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab Pessel Sumbar

(Wempi Hardi. SH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here