Alirman Sori Mendaftar ke KPU Provinsi Sumbar

0
136

Padang Sumbar Sergap

Dr. H. Alirman Sori memantapkan langkah menuju Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Anggota Lembaga Pengkajian MPR tersebut mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat di hari kedua pembukaan pendaftaran, Selasa (10/7).

Alirman Sori mendatangi kantor KPU Provinsi Sumatera Barat di Jalan Pramuka nomor 9 Padang sekitar pukul 08.30 Wib. Alirman Sori menjadi yang pertama mendaftar di hari kedua tersebut.

Foto : Liputan Pessel Sumbar Wempi Hardi. SH

“Hari pendaftaran dipilih pada hari kedua untuk memastikan seluruh persyaratan sudah terpenuhi. Jadi hanya masalah teknis,” kata Alirman Sori.

Ketua Komite I DPD RI periode 2009-2014 ini memantapkan langkah kembali mencalonkan diri ke DPD RI karena menurutnya masih banyak “pekerjaan rumah” yang harus dituntaskan untuk kemajuan daerah. Alirman Sori menegaskan, kemajuan daerah merupakan kekuatan sebuah negara.

“Masih banyak persoalan berkaitan otonomi daerah yang harus diselesaikan dalam rangka mewujudkan daerah yang maju, khususnya Sumatera Barat. Kemajuan daerah merupakan kekuatan negara,” tegasnya mengungkap visi dan misinya.

Pendaftaran bakal calon DPD RI telah dibuka sejak kemarin (Senin, 9/7). KPU membuka pendaftaran pada waktu ari kerja. Khusus hari terakhir, besok (Rabu, 11/7), pembukaan akan dilakukan hingga pukul 00.00 Wib.

H. Alirman Sori mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait alur pencalonan anggota legislatif, DPR, DPD dan DPRD. Dengan sistem berbasis teknologi informasi, para bakal calon mendapat informasi yang cukup dan membuat alur pencalonan semakin mudah.

Apresiasi itu disampaikan Alirman Sori usai mendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Sumatera Barat ke KPU Provinsi Sumatera Barat, Selasa (10/7) siang. Alirman Sori mendaftar pada hari kedua pembukaan pendaftaran calon dari tiga hari waktu yang dijadwalkan KPU.

“Sistem pendaftaran calon saat ini sudah cukup baik. Dengan berbasis teknologi informasi, alur pendaftaran bisa dilakukan dengan tingkat kesalahan yang semakin minim,” ujarnya.

Alirman Sori menyebut, aplikasi yang disediakan KPU seperti Sistem Informasi Pencalonan (Silon) atau Sistem Informasi Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) memberikan keuntungan dalam mempercepat proses entri data calon.

“Ke depan tentunya sistem dan aplikasi ini bisa terus ditingkatkan sehingga semakin memudahkan kerja KPU dalam melakukan proses pemilihan. Bagi peserta pemilu sendiri, sistem ini juga menguntungkan untuk meminimalisir kesalahan data,” lanjutnya.

Alirman Sori mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Sumatera Barat sebagai calon anggota DPD RI periode 2019-2024. Ketua Komite I DPD RI periode 2014-2019 ini bertekad kembali ke DPD RI untuk kemajuan daerah dalam rangka mewujudkan negara yang kuat.

Menurutnya, persoalan otonomi daerah sebagai buah dari reformasi harus diperjuangkan melalui lembaga DPD. Dia bertekad akan melanjutkan “pekerjaan rumah” yang sudah digarapnya ketika menjabat sebagai Ketua Komite I DPD RI periode lalu. (Wempi Hardi. sergap reborn.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here